PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISSISWA SMP

Junaidi, Taufiq

Abstrak


Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran Active Learning Team Quiz untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis di Kelas IX SMP Negeri 1 Bandar Baru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bandar Baru melalui model pembelajaran Active Learning Team Quiz. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bandar Baru yang berjumlah 250 siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini lebih dari 100, maka diambil sampel 2 (dua) kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang jumlahnya yaitu 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen.Pengumpulan data dilakukan dengan tes akhir, dan pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 78,75 dan kelas kontrol 65,04. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabelyaitu3,68>2,02. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Active Learning Team Quiz dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP Negeri 1 Bandar Baru.

Kata Kunci: Active Learning, Team Quiz, Kemampuan Komunikasi Matematis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ismail, SM. 2008. Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail.

Mahmudi, A. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Makalah termuat pada Jurnal MIPA UHALU: Tidak Diterbitkan.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPA.

Roetiyah, N.K. 2001.Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: RinekaCipta.

Silberman. 2011. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudjana. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Suprijono, A. 2010.Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

ZainiHisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by:




Creative Commons License

Jurnal Sosial Humaniora Sigli is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.