POLA ADAPTASI SOSIAL SISWA DILIHAT DARI PENGARUH GAME ONLINE

Mohamad Sobirin, Erik Aditia Ismaya, Imaniar Purbasari

Abstrak


Di era digital ini, game online dapat diibaratkan sebagai pedang bermata dua bagi adaptasi sosial siswa. Di satu sisi, game online menawarkan manfaat seperti interaksi sosial dan peningkatan keterampilan. Namun ketergantungan terhadap game online juga dapat menghambat perkembangan sosial siswa. Penelitian metode kualitatif dengan pendekatan naratif terhadap 15 siswa yang aktif bermaing game online mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa game online meningkatkan keterampilan sosial virtual dan respon emosional positif pada siswa, serta memberikan dampak positif terhadap perilaku sosialnya. Adaptasi sosial siswa masih terjaga dengan baik, menunjukkan pengendalian emosi dan perilaku yang positif. Meski dampak game online tidak sepenuhnya negatif, namun penggunaannya perlu dikelola secara bijak untuk mengurangi risiko negatifnya. Pemahaman yang seimbang mengenai dampak game online diperlukan. Orang tua, guru dan pihak terkait harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan digital yang aman serta memberikan edukasi dan intervensi yang dapat mengurangi dampak negatif terkait penggunaan game online terhadap penyesuaian sosial siswa, khususnya pada pola adaptasi sosial siswa di lingkungannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N. I. M., Ismaya, E. A., & Pratiwi, I. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Peduli Sosial Anak. Jurnal Basicedu, 6(2), 2547–2555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2465

Alwie, F. N., Oktavianti, I., & Ismaya, E. A. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol: 4, No. 1, Hlm. 44-48

Awal, Kadir, S. F., Obaid, M. Y., & Supriyanto. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Game online di Kalangan Pelajar Kelurahan Tondonggeu Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 11–17. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/dirasah/article/viewFile/2405/1839

Chasanah, U., Purbasari, I., & Ismaya, E. A. (2023). Bentuk Kecerdasan Interpersonal Anak Ditinjau Dari Bimbingan Orang Tua. As-Sabiqun: JUrnal Pendidikan Islam Usia Dini, 5(September 2023), 1281–1293.

Doni, F. R. (2018). Dampak Game online Bagi Penggunanya. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 4(2), 1-5.

Hanifah, Q. H., Purbasari, I., & Pratiwi, I. A. (2023). Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Religius Berbasis Profil Pelajar Pancasila Di Sd Muhammadiyah 1 Kudus. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2530-2541

Irmawati, I., & Suhaeb, F. W. (2017). Dampak Bermain Game online pada Hasil Belajar Siswa di SMAN 12 Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 95-99.

Jones, R. (2023). Factors influencing successful cultural adaptation. International Journal of Intercultural Relations, 64, 1-12.

Juniarti, A. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Peserta Didik Di SMAN 04 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Keilmuan Mandira Cendikia, 2(7), 86-94.

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Kholilia, W., Purbasari, I., & Hilyana, F. S. (2022). Nilai-Nilai Sosial dalam Cerita Film Upin Ipin Tema Pesta Cahaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 690–697. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.474

Kholish, A., Hidayatullah, S., & Nashihin, H. (2020). Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 48. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2061

Kurniawan, E. (2022). Keterampilan sosial virtual untuk generasi Z. Kompas.

Maharani, D., & Adriansyah, M. A. (2021). Hubungan Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Adaptasi Sosial Pada Anak yang Menjadi Korban Perceraian Orang Tua. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 909.

Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154

Mulyani, P., Purbasari, I., & Santoso, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Sosial Anak: Studi Kasus Di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 737. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8461

Na’ran, S., & Ahmad, M. R. S. (2019). Dampak Game online pada Peserta Didik di SMA Negeri 4 Tana Toraja. J Sos Pendidik sosiologi-FIS UNM, 3(2), 136-42.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin psikologi, 27(2), 148-158.ISO 690

Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4722

Nurjanah, S., & Ismaya, E. A. (2023). Implementasi Pendekatan Keterampilan Proses Sosial. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 635–641.

Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Pengaruh Game online), 1473–1481.

Purbasari, I., Zahro, I. P., Setiawati, H. I., Wulandari, R. W., & A’yun, Q. (2023). Community Perceptions Around Special Need Schools in Purwosari Village Against Children with Special Needs. JOINME ( Journal of Insan Mulia Education ), 1(1), 18–24.

Putri, R. C. S., Budiyono, & Kokotiasa, W. (2021). Dampak Game online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1–7. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/16

Putro, A. N. S., Wajdi, M., Siyono, S., Perdana, A. N. C., Saptono, S., Fallo, D. Y. A., ... & Setiyatna, H. S. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital. Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia.

Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3029–3036. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.792

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161

Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 149-155.

Smith, A. (2022). The role of social media in social adaptation. Journal of Social and Personal Relationships, 39(1), 1-18.

Sousa, D. A. (2021). How the brain learns (9th ed.). Corwin Press.

Southwick, M. A., Vega, J. K., & Bonanno, D. C. (2022). Adaptive coping strategies in response to social isolation: A meta-analytic review. Psychological Bulletin, 148(7), 786-817.

Suci, I. G. S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Bandung: Alfabeta.

Sumaryanto, E., & Ibrahim, M. (2023). Komunikasi Antar Budaya Dalam Bingkai Teori-Teori Adaptasi. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 42-51.

Yunita, Y. (2023). Pengaruh Penyesuaian Sosial, Dukungan Sosial dan Keterampilan Sosial Sebagai Moderator Pembentukan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 5(1), 41. https://doi.org/10.29300/ijsse.v5i1.9499




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v7i1.2252

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: