PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SD NEGERI U GADENG KABUPATEN PIDIE

Heri Fajri, Suria Setiawan

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mengamati serta menganalisis dan mendeskripsikan upaya dalam peningkatan pengembangan kompetensi profesional, salah satunya dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar pada SD Negeri U Gadeng Kabupaten Pidie, yang meliputi: (1) penyusunan program pengembangan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah pada SD Negeri U Gadeng Kabupaten Pidie; (2) proses pelaksanaan pengembangan kompetensi profesional melalui PTK; (3) kendala yang dihadapi kepala Sekolah Dasar dalam pengembangan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah Dasar, dan dewan guru SD Negeri U Gadeng Kabupaten Pidie. Hasil penelitian menujukan bahwa upaya kepala Sekolah Dasar dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dapat dilihat dari: (1) adanya upaya meningkatkan dan mengembangkan kemampuan profesional baik yang dilakukan oleh kepala Sekolah Dasar maupun oleh guru sendiri, (2) adanya pemberian layanan supervisi klinis oleh kepala Sekolah Dasar, (3) meningkatkan motivasi kerja, (4) melakukan pengawasan kinerja guru, (5) pembinaan secara rutin, (6) mengadakan rapat, (7) membentuk forum KKG dan MGMP, (8) memberikan kesempatan untuk mengikuti diklat dan pelatihan serta, (9) melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Kata Kunci: Pengembangan, Kompetensi Profesional, Guru.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Satori, Djam’an dan Komariah Aan, (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Afabeta

Soud Syaifuddin Udin. (2009). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Sugianto, (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.202

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: