PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 SIMPANG TIGA
Abstrak
Peneltian ini berjudul “Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar pada konsep klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 SimpangTiga”. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas VII pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019SMP Negeri 1 SimpangTiga. Metode penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dalam penelitian ini diambil dari hasil pre-test seluruh kelas VII, kemudian dipilih sebanyak dua kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas yang mendekati, kemudian dipilih secara acak untuk dijadikan yang mana kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII-A dengan jumlah siswa 28 orang, sedangkan kelas kontrol adalah kelas VII-B dengan jumlah siswa 28 orang. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan Analisispeningkatanhasilbelajar Gain yang dinormalisasi (N-gain) dan pengujian hipotesis uji independent sample t-test ( Uji-t). Peningkatan hasil belajar menunjukkan Skor N-Gain berkategori sedang sebesar 0,68 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol Skor N-Gain berkategori rendah dengan skor rerata 0,21.Hipotesis penelitian menggunakan uji-t diperoleh nilai t = 6,90, jadi t hitung > ttabel yaitu 6,90 > 1,67, dengan demikian Ha diterima dengan taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajara pada konsep klasifikasi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Simpang Tiga.
Kata Kunci:
Penerapan, kooperatif Tipe Take and Give, Klasifikasi Makhluk Hidup, Hasil Belajar siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adiani, N.P.W., Ni Ketut Suarni., dan Putu Nanci Riastini. 2016. Penerapan Metode Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Penglatan. e-Journal PGSD. 06:1-10
Anjani, D., Imam Suyanto., dan Suripto. 2015/2016. Penerapan Model Take And Give Dengan Media Grafis Dalam Peningkatan Pembelajaran Ips Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Tambakagung. Kalam Cendekia. 04:481 – 487
Asniwati., dan Muhammad Syarif Faisal. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Sistem Pemerintah Pusat Melalui Kombinasi Model Group Investigasion dan Take And Give Pada Siswa Kelas IV SDN Beragas 1 Barito Kuala. Jurnal Paradigma. 08:157-170
Aqib., dan Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Campbell, N. A., Reece, J.B.,& Mitchell. L. G. 2010. Biologi Jilid 3 Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hartami,P., Ramli Abdullah., dan Yeni Safitri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Pada Materi Minyak Bumi Di Kelas X Man Sabang. Jurnal Lantanida. 02:171-184
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis Paradikmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ikawati, H.D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. 03:54-59
Indrakusuma., dan Amir Daien. 1993. Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN-Malang Pers.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munib., dan Achmad. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Riani,N., Eko Supraptono., dan Muljadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Dalam Materi Ajar Media Komunikasi Data Jaringan. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan. 06:8-15
Riduwan. 2013. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Romlah,S., dan Nuri Wahidatun Salihah. 2016. Penerapan Model Take and Give Untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Asmaul Husna Kelas II di MI Darul Ulum Tambak Rejo. Jurnal Penelitian. 07:247-260
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Gavindo Persada.
Septiana,A., dan Ningrum. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Cooperatif Learning Tipe Take And Give Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhamadiyah 1 Merto. Jurnal Pendidikan. 05:76-83
Sri Yuliastini, N.L.G., Dewa Kade Tastra., dan Why Romi Sudhita. 2015. Pengaruh Model Take and Give Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan. 03
Subandi. 2010. Mikrobiologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito
Suprijono,A. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto,R., Rochima,E., Surtiretna,N., Kamil,I., dan Purwanto. 2007. EnsiklopediaBiologi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo Masmedia Busana Pustaka
Udayanti, S., dan Nanci Riastini. 2017. Penerapan Metode Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iva. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 01: 51-58
Zuraida. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Learning Cycle 5E Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Negeri 2 Kembang Tanjong. Jurnal Sains Riset. ISSN: 2088-0952
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.201
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: