Analisis Pemanfaatan Sp4n Lapor Untuk Meningkatkan E-governnment di Diskominsa Aceh Barat Daya

Nova Santia, Fiandy Mauliansyah

Abstrak


Layanan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat Online (LAPOR) atau dikenal juga dengan LAPOR SP4N adalah media komunikasi pengaduan pelayanan publik yang digunakan oleh Dinas Komunikasi, Informasi dan Rambu (Diskominsa) untuk meningkatkan e-government di Kabupaten Aceh Barat Daya. Kajian ini melihat SP4N LAPOR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Diskominsa Aceh Barat Daya menggunakan website Sp4n Lapor untuk meningkatkan e-government, kesulitan dan permasalahan yang dihadapi selama implementasi website Sp4n Lapor, dan apakah saluran komunikasi website Sp4n Lapor telah beroperasi dengan baik. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Temuan peneliti dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Sp4n Lapor untuk meningkatkan E-government di Kabupaten Aceh Barat Daya belum optimal karena kantor masih baru, infrastruktur belum memadai, sosialisasi kurang, masyarakat belum memahami mekanisme Sp4n Lapor dan website tampilan tidak menarik dan terkendala dalam sumber daya manusia, kebijakan dan anggaran.

Kata Kunci :  E-government, pelayanan publik, dan Sp4n Lapor.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Indrajit, Richardus Eko. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

KemenpanRB. Kantor Staf Presiden. Ombudsman Republik Indonesia. (2016). Buku panduan untuk penyelenggara dan administrator pada pemerintah/provinsi/kota.

Sahir, Syafrida Hafni. (2022). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Penerbit KBM Indonesia.

Jurnal/skripsi

Fakhriyah, R. Kencana, N., & Kariem, M.Q. (2022). Efektivitas Penerapan Inovasi Pelayanan Publik dalam Pengembangan E-government (Studi Kasus Aplikasi Sp4n Lapor! di Provinsi Sumatera Selatan). Jurnal Pemerintahan dan Politik, 7 (3), 48-54.

Fatchuriza, M., & Prasojo, T.A. (2021). Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis E-government Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal. Jurnal As Siyasah, 6 (1), 45-53.

Haspo, L.N.A., & Frinaldi, A. (2020). Penerapan Aplikasi SP4N LAPOR dalam manajemen pengaduan masyarakat di kota Solok. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik. 2 (2), 26-33.

Kusuma Dewi, D. S., Yulianti, D. B., & Djuwitaningsih, E. W. (2021). PELAKSANAAN E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PONOROGO. Jurnal MODERAT, 7(2), 357-369. Politik, 3(1), 228-241.

Powa, A.A. Kaawoan, J.E., & Pangemanan, F.N. (2021). Pemanfaatan teknologi informasi dan informasi di dinas komunikasi dan informatika statistik dan persandian di kabupaten minahasa tenggara. Jurnal governance, 1 (2), 1-12.

Prisanda, E., & Febrina, R. (2021). Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Aplikasi SISPEDAL Dalam Rangka Mewujudkan Good Village Governance. Journal of Governance Innovation, 3(2), 155-171.

Praditya, Didit. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tingkat Pemerintah Desa : Jurnal Penelitian Komunikasi. 17(2), 129-140.

Putri, T.M.R.C.W. (2019). Strategi dinas komunikasi dan informatika daerah istimewa yogyakarta dalam melaksanakan literasi digital. JSPG : journal of social politics and governance, 1(2, 159-173.

Qashlim, A., Andriani, A., Asis, A., Dahrul, A., Muhajir, M., Mamat, M., & Piansar, P. (2022). Membangun Pemerintahan Desa Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi Penduduk Desa Piriang Tapiko. Sipissangngi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 256-263.

Sawitri. (2016). Pengaruh teknologi informasi, pemanfaatan teknologi informasi, efektivitas penggunaan dan kepercayaan teknologi informasi terhadap kinerja individual. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammaddiyah Surakarta). https://123dok.com/document/zp7pkroz-teknologi-informasi-pemanfaatan-teknologi-efektivitas-penggunaan-kepercayaan-individual.html.

Suri, A.I. Ma’arif, S., & Atika, D.B. (2022). Efektivitas Layanan Pengaduan Terpusat (Studi Tentang Layanan Pengaduan Sp4n Lapor! Kota Metro). Jurnal Birokrasi, Kebijakan dan Pelayanan Publik, 4 (1), 33-44.

Tui, F.P, Ilato, R., & Katili A.Y. (2022). Inovasi pelayanan publik melalui E-government di dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Gorontalo. Publik: jurnal manajemen sumber daya manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(2),254-263.

Wanto, A.H. (2018). Government Strategy to Support Performance Of E-government (A Case Study in Malang, Tuban and Bondowoso). Journal International, Business and Public Administration. 93, 17-19.

Yahya. A.S., Setiyono. (2022). Efektifitas pelayanan publik melalui sistem pengelolaan pengaduan aplikasi Sp4n Lapor. Jurnal media birokrasi, 4 (1), 1-22.

Website

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan DKI Jakarta. (2022, 09 Desember). SP4N-LAPOR Untuk pelayanan publik yang lebih baik. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/sp4n-lapor-untuk-pelayanan-publik-yang-lebih-baik/. Diakses pada tanggal 09 februari 2022 Jam 22.10.

CNBC Indonesia. (2022, 09 Juni). Data terbaru! Berapa pengguna internet indonesia tahun 2022. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022. Diakses pada tanggal 29 Januari 2023 Jam 17:06.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2020, 09 November). Dirjen PPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia bagian penting dari transformasi digital. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker. Diakses pada tanggal 29 Januari 2023 Jam 16:02.

Kementerian Keuangan RI. (2023, 19 April). SP4N-LAPOR!: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/kph/id/data-publikasi/artikel/2820-sp4n-lapor-layanan-aspirasi-dan-pengaduan-online-rakyat.html. Diakses pada tanggal 16 Juni 2023 Jam 01:59.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Perkuat Sp4n Lapor! Menteri Johnny: Kominfo Siapkan Dukungan Teknis dan Komunikasi Publik). (2021, 09 september). https://www.kominfo.go.id/content/detail/36865/siaran-pers-no-325hmkominfo092021-tentang-perkuat-sp4n-lapor-menteri-johnny-kominfo-siapkan-dukungan-teknis-dan-komunikasi-publik/0/siaran_pers . Diakses pada tanggal 16 Juni 2023 Jam 01:4

Pengadilan Agama Jakarta Selatan. (2022, 02 April). SP4N LAPOR. Https://www.pa-jakartaselatan.go.id/artikel/1656-sp4n-lapor. Diakses pada tanggal 18 November 2022 Jam 23:06.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1676

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: