PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI PT. KERETA API LOGISTIK EXPRESS GUBENG SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang Di Pt. Kereta Api Logistik Gubeng Surabaya dan menjadikan evaluasi untuk instansi tersebut agar menjadi lebih baik lagi kedepannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan buku teori Kualitatif dan Kuantitatif (Prof. Dr. Sugiyono, 2019) dengan mendeskripsikan layanan jasa pengiriman barang yang ada di Pt. Kereta Api Logistik Gubeng. Penelitian ini dilakukan dalam kondisi yang alamiah metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Pt. Kereta Api Logistik mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik di lembaga tersebut. Beberapa upaya tersebut efektif dalam distribusi barang dikarenakan mampu menghemat waktu, biaya. Dengan menggunakan layanan jasa pengiriman yang disediakan oleh Pt. Kereta Api Logistik tersebut memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas pendistribusian barang atau melakukan jual beli online. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan tersebut akan mengakibatkan ketertarikan masyarakat terhadap layanan jasa pengiriman yang disediakan oleh Pt. Kereta Api Logistik tersebut.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Nurdin, Ismail. 2019. Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Puteri, Tresna Dhiwanita. 2021. “Kualitas Pelayanan Pt. Kereta Api Logistik” dalam Jurnal Inovasi Sektor Publik, Volume 1, Nomor 1.
Raharjo, Muhammad Mu’iz. 2021. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Solehatin Ika Putri, Sumartini, Alifira Sofia. 2017. Metode Service Quality (Servqual) dan Quality Function Deployment (QFD) sebagai Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) (Survei pada Penumpang Kereta Ekonomi Lokal Lintas Barat Tahun 2017 ). Bandung : Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Website Resmi PT. Kereta Api Logistik Tahun 2022 https://kalogistics.co.id/ diakses pada tanggal 21 Oktober 2022.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1674
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: