PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN DISCORD

Lettycia Claudya Gerung, Victor R. Sulangi, Jorry Monoarfa

Abstrak


Tujuan utama dari penyusunan penelitian ini yaitu mengembangakan desain pembelajaran matematika pada materi persamaan garis lurus dengan model discovery learning yang dengan bantuan aplikasi Discord yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan priktis. Dengan menggunakan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang berfokus pada tahapan model pengembangan ADDIE : Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) and Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tondano dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas VIII B. Instrument penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar validasi ahli, serta angket respon peserta didik. Penelitian ini mengasilkan desain pembelajaran yang memenuhi kriteria valid dengan presentase (RPP) 93,97%, (LKPD) 94,64% dan (THB) 94,07% . Memenuhi kriteria efektif dengan presentase 83,3% untuk tes hasil belajar siswa yang memenuhi KKM dan memenuhi kriteria praktis dengan presentase 83,8% berdasarkan angket respon siswa.

Kata kunci: Desain Pembelajaran, Persamaan Garis Lurus, Discovery Learning, Discord


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afria, S. (2019). Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung : Tata Akbar

Edi, P. (2023). Model Discovery Learning Dan Problematika Hasil Belajar. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan & Penelitian Indonesia.

Efriani, E., Dewantara, J. A., & Afandi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 61–65.

Makmuri, M., Wijayanti, D. A., Ellis, S., Fadillah, R. N. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Konstektual Pada Materi Persamaan Garis Lurus Untuk Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,5(1), 643-654

Prasojo., Lantip, D., & Riyanto. ( 2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Rosdiana. , Didimus, T. B., & Susilo. (2017). Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 106-1064.

Sari, B. K. (2017) Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Yudi, H. R. & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Pasuruan: Lembaga academia & research institute




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1645

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: