HUBUNGAN MOTIVASI, FASILITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstrak
Hubungan antara motivasi, keterlibatan, dan agensi siswa di kelas matematika. Gedung ini menampung Departemen Matematika Fakultas Ilmu Alam dan Bumi. Universitas Negeri Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi, kepercayaan diri, dan inisiatif matematika siswa kelas VIII mempengaruhi nilai mereka di SMP Negeri 3 Tondano. Metode kuantitatif termasuk analisis korelasi dan regresi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji empat rangkaian korelasi: (1) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika; (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika; (3) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika; dan (4) pengaruh ketiganya terhadap hasil belajar matematika. Lima puluh enam siswa dari SMP Negeri 3 Tondano ambil bagian. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk survei, evaluasi penyelesaian kursus, dan laporan tertulis. Signifikansi statistik dari masing-masing korelasi dan regresi ditentukan dengan menggunakan cutoff 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (3) kemampuan siswa untuk belajar mandiri berhubungan dengan kinerja mereka, bahwa (1) hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi siswa, dan bahwa ( 2) fasilitas tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Hubungan Motivasi belajar, Fasilitas belajar, Kemandiriaan Belajar dan Hasil Belajar Siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Athalia.D Lisnawan. 2018. Hubungan Antara Minat Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah, D Keikutsertaan Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah, Kebiasaan Bersosial Media Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Sleman. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Arikunto, S. 1998. ProsedurPenelitian. Jakarta: RinnekaCipta Siregar, Eveline, Hartini Hara Jamludin. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. bogor: Ghalia Indonesia.
Tuti.I.W.Daeli. 2018. Pengaruh Fasilitas, Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.Kansil, C.L. 2002. OrientasiBaruPenyelenggaraanPendidikan Program ProfesionaldalamMemenuhiKebutuhanDuniaIdustri.Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61
William Craim. 2007. Teori Perkembangan Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik (Bandung: Bumi Aksara, 2017, 110).
Syarifan Nurjan, M.A. 2015. Psikologi Belajar. CV.Wade Group. Ponorogo
Gunarsih, Singgih D. 2008. Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: gunung mulia.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1644
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: