UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X.3 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PEMBAYARAN DI SMAN 8 BANDUNG

Novelia Nafiha Andini, Neti Budiwati, Neli Siti Aisah

Abstrak


Bepikir kritis adalah upaya untuk mengumpulkan, menginterpretasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi dengan tujuan untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat diandalkan dan sah. Dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas X.3 SMAN 8 Bandung tahun ajaran 2022/2023, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tentang materi ekonomi. Penelitian Tindakan Kelas adalah jenis penelitian ini. Siswa kelas X.3 SMAN 8 Bandung tahun pelajaran 2022/2023, total 36 siswa, adalah subjek penelitian ini. (a) Perencanaan, (b) Tindakan, (c) Observasi, dan (d) Refleksi adalah langkah-langkah dalam proses penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran berbasis masalah (PBL). Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa, yang diukur dengan indikator pra siklus 30%, siklus I 70,%, dan siklus II 89,%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa kelas X.3 semester genap mata pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Bandung pada materi Sistem Pembayaran dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah.

Kata kunci: PBL, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Pembayaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astika, I. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran dengan Masalah (Problem Based Learning) terhadap Sikap Ilmiah dan Ketrampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha, 3 (1).

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Erickson. (1999). A Problem-Based Approach to Mathematics. Reston: The Mathematics Teacher.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Jaya, W. K. (2015). Membangun Kedaulatan Bangsa Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Kawasan Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T). Kumpulan makalah call for papers kongres Pancasila VII. Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila UGM.

Newell, A. d. (1972). Human Problem Solving. Englewood Clifs, NJ: Prentice Hall.

Park, S. &. (2015). Effects of Problem-based Learning on the Learning Attitudes, Critical Thinking Disposition and Problem-Solving Skills of Nursing Students. Infant Care. Advanced Science and Technology Letters, 103:192-196.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyuni. (2011). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning. http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fmipa201146. Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i2.1501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: