Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Model Problem Based Learning

Noftalia N Assa, Victor Sulangi, Vivian E Regar

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE (Analysis. Development. Design, Implementation and Evaluation). Persentase kevalidan dari hasil ketiga validator yaitu untuk RPP 88.09 % dan untuk LKPD 89,22 % yang dikategorikan sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil angket respon guru dengan persentase 92% dan angket respon siswa 87% yang dikategorikan sangat praktis. Kemudian keefektifan diuji dengan menggunakan uji-t dengan memberikan posttest kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah itu membandingkan rata-rata hasil belajar kedua kelas tersebut. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung =  > ttabel = 1,68 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hartini, Y. S., A. B. P. Lefanska, A. A. Ursia, D. A. B. Prasetyo, B. Sugiharto, [et al. ] Pankrasius Surya Tonapa, I. M. W. Ekaputra, B. Bram, E. F. H. T. A. H. M. Sang Condro Nugroho, and S. D. U. Press. 2022. Prosiding Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi “Pengembangan, Penerapan Dan Pendidikan ‘Sains Dan Teknologi’ Pasca Pandemi.” Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Jhon, W. Creswell. 2010. Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed (Edisi III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2013.Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses.Jakarta: Kemendikbud

Kunandar. 2014. Penilaian Autentuk (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo

Soromi, Ayubkasi, and Solikrisman Laia. 2020. Matematika Belajar Ringkas Matematika Yang Mudah & Menyenangkan. Bayumas: Lutfi Gilang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Yamin. 2010. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: