Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Kelas VII SMP Negeri 4 Tondano Materi Aritmatika Sosial

Rina Mastalina Sinabutar, Philotheus E. A Tuerah, Rosiah J Pulukadang

Abstrak


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran atau bidang ilmu yang diajarkan diberbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan sampai perguruan tinggi. Matematika diajarkan karena memiliki peran yang besar bagi kehidupan siswa kelak. Hal ini berarti matematika adalah mata pelajaran yang penting, serta tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika. Melalui model pembelajaran yang tepat akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada dengan menggunakan model Direct Instruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji Mann Whitney yang diolah menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada pembelajaran yang menggunakan model Direct Instruction.

Kata Kunci : Matematika, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: