TANGGAPAN SISWA TERHADAP MANFAAT KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DALAM PENGEMBANGAN PRESTASI DAN POTENSI DIRI

M. Yahya Amirzan

Abstrak


Pada penelitian yang berjudul "Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga dalam Pengembangan Prestasi dan Potensi Diri”, bertujuan ingin mengetahui sejauh mana pemahaman siswa pada sekolah jenjang paling bawah tersebut terhadap danpak atau pengaruh dari kegiatan ekstrakurikuler olahraga yang diselenggarakan di sekolah mereka, sperti difahami bahwa kegiatan ekstrakurikuler dan potensi olahraga yang siswa miliki. Apakah dengan kegiatan ekstrakurikuler gersebut dapat merubah prestasinya ke arah yang lebih baik ataupun paling tidak ia menemukan potensi dan bakat yang terpendam selama ini, sehingga ia akan selalu menggeluti cabang olahraga tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskreptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Pasi Rawa Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie, yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data dengan mengedarkan angket yang berisi sejumlah pertanyaan yang terkait dengan asumsi siswa terhadap manfaat kegiatan ekstrakurikuler olahraga terhadap prestasi dan penggalian potensi mereka, angket yang digunakan adalah angket tertutup dan angket terbuka. Hasil penelitian menunjukan bahwa 59,30% siswa atau lebih dari setengah siswa menjawab senang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disekolahnya, tanapa paksaan siapapun serta mereka memahami bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi serta mampu menggali potensi olahraga yang mereka miliki. Sehingga kedepannya diharapkan kegiatan ini terus dapat dilaksanakan oleh para guru, terutama guru Penjasorkes, terutama untuk menanamkan dasar-dasar olahraga pada siswanya, serta membibing dan meningkatkan prestasi siswa sedini mungkin.
Kata Kunci : Tanggapan, Manfaat, Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arismunandar, Wismoyo (1997). Pembinaan Permasalahan Olahraga. Jakarta: KONI 2005 Undang-undang RI No. 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional.

Depdiknas (2001) Kurikulum Berbasis

Kompetensi SM, balitang; Jakarta

Dimyati & Mujiono. (2006). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamaris Martini, (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta Pusat: Yayasan Penamas Murni.

Komarudin dan Yusuf Hidayat, (2006).

Psikologi Olahraga. Latihan Mental dalam Olahraga Kompetitif. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Magill A. Richard, (2011). Motor Learning and Control Concepts an Aplication, New York University Mc Graw Hill Companies, Inc.

Muhajir, (2013). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA Kelas XII, Jakarta : Erlangga.

Oemar Malik, (2004). Proses Belajar

Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supartono, (2000). Sarana Dan Prasarana Olahraga. Jakarta Departemen Pendidikan jasmani

Sanjaya Wina, (2013). Strategi Pembelajara Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Sardiman, (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunarsa D. Singgih, (2008). Psikologi Olahraga Prestasi, Jakarta: Gunung Mulia.

Siregar Eveline, (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, .

Sukadianto, (2010). Muluk Dangsina, Pengantar Teori dan Metodogi, Melatih Fisik, Bandung: Lubuk Agung, .

Surahkmad Winarno, (2004). Pengantar

Penelitian Ilmiah, Bandung :Tarsito,

Suryabrata Sumadi, (2013). Psikologi

Pendidikan, Jakarta:Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v2i1.139

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: