PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS XII TKJ SMK NEGERI 1 SIGLI

Nuraidah Nuraidah

Abstrak


Penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat dapat mengakibatkan rendahnya hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving merupakan salah satu usaha yang dapat ditempuh dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan pada siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Sigli.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Sigli semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 31 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian diperoleh rata-rata keaktifan siswa sebesar 65% pada Siklus I dengan kategori cukup, adanya peningkatan 13% pada siklus II sehingga menjadi 78% yang termasuk kategori tinggi, dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 61,29%, nilai rata-rata kelas sebesar 73,87 dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 90,32% dengan nilai rata-rata 78,39. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan aktivitas dan perolehan nilai yang signifikan bila dibandingkan dengan pra siklus dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 48,30% dan nilai rata-rata adalah 60,24. Dengan demikian melalui penerapan creative problem solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan dengan materi Jaringan VoIP pada siswa kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Sigli.

Kata kunci : Keaktifan, Hasil belajar, dan Model Pembelajaran creative problem solving

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anni dan Rifa’i. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Kusumaningrum, Valensia. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurusan Multimedia Kelas X Semester 1 SMK Negeri 1 Blora Pada Materi Pokok Membuat Program Macromedia Flash. Skripsi. Semarang : FIP UNNES.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Siswoyo, Dwi, dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta .

Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta: Pusaka Pelajar.

Suwarna, dkk. 2005. Pengajaran Mikro. Yogyakar Tiara Wacana.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.1044

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: