MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI KETERAMPILAN SERVICE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MUKLIS MUKLIS

Abstrak


PTK dengan judul Upaya Meningkatkan hasil Belajar PJOK Materi Keterampilan Service Dalam Permainan Bulutangkis Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2019/2020. Yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar PJOK ketrampilan service dalam permainan bulutangkis dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi bisa meningkatkan hasil belajar PJOK materi keterampilan service dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2019/2020?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan ketrampilan service pada permainan bulu tangkis siswa. Bahwa pada pra siklus, terlihat ketrampilan siswa rata-rata mencapai 50,86 dengan nilai tertinggi 80, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu mencapai 66,78 dan nilai tertinggi 95 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat jauh lebih baik yaitu dengan rata-rata mencapai 78,47 dan nilai tertinggi 100. Dari KKM yang telah ditentukan yaitu 70, pada pra siklus ada 6 atau (30%) yang mencapai ketuntasan , pada siklus I ada 15 siswa (70%) tuntas, dan pada siklus II jauh lebih baik yaitu ada 21 siswa (100%) tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan ketrampilan penyeranagan penjaskes materi bulu tangkis pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2019/2020.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.85

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.