UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERORIENTASI KONSTEKTUAL PADA MATERI POKOK EUBACTERIA DAN ARCHEBACTERI KELAS XI SMA NEGERI 2 SIGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BAINUDDIN BAINUDDIN

Abstrak


PTK dengan Judul Upaya meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berorientasi Konstektual pada Materi Pokok Eubacteria dan Archaebacteria kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2019/2020. Yang bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar Biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation berorientasi konstektual pada materi pokok eubacteria dan archaebacteria kelas X SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2019/2020. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah upaya dalam meningkatkan hasil belajar Biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe group investigation berorientasi konstektual pada materi pokok eubacteria dan archaebacteria kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2019/2020?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa Peningkatan nilai rata- rata yaitu 52,5 pada kondisi awal menjadi 68,5 pada siklus I dan menjadi 79,5 pada siklus II.
Sedangkan nilai rata-rata secara keseluruhan meningkat 27%. Ketuntasan belajar yaitu meningkat 25% pada kondisi awal, 35% meningkat pada siklus 1 dan 70% meningkat pada siklus 2.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.83

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.