IMPLEMENTASI PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA MENGUNAKAN METODE ID3 BERDASARKAN IPK

Yuswardi Yuswardi, Husaini Husaini, Rauzatul Jannah

Abstrak


Seorang mahasiswa dinyatakan lulus tepat waktu jika dapat menyelesaikan pendidikan selama minimal 8 semester atau 4 tahun. Untuk mewujudkan hal tersebut, perkembangan nilai Indeks Prestasi sangat membantu dalam proses penyelesaian lulus suatu mahasiswa. Dengan memantau hasil belajar di Universitas berupa nilai IP tiap semester, seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus tepat waktu atau tidak. Pada penelitian ini dibuat aplikasi untuk Memprediksi kegiatan mahasiswa dan tingkat kelulusan mahasiswa. Harapan dengan adanya metode ini semua mahasiswa dapat diprediksi kegiatannya saat kelulusan kuliah dan tingkat kecepatan studinya, sehingga kepada mereka dapat diberikan early warning atau peringatan dini agar lebih memperbaiki sistem belajarnya lagi. Pohon Keputusan merupakan salah satu teknik terkenal dalam data mining dan merupakan salah satu metode yang populer dalam menentukan keputusan suatu kasus. Hal ini karena metode ini tidak memerlukan proses pengelolaan pengetahuan terlebih dahulu dan dapat menyelesaikan dengan sederhana kasus-kasus yang memiliki dimensi yang besar. ID3 merupakan algoritma pohon keputusan yang sering digunakan untuk membuat suatu pohon keputusan karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam menentukan keputusan. Algoritma pohon keputusan ID3 untuk memprediksi kelulusan mahasiswa berdasarkan IP di Fakultas Teknik. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui yang digunakan sebagai data master disini adalah mahasiswa Fakultas teknik di universitas Jabal Ghafur sebanyak 30 dan yang menjadi datatesting disini adalah mahasiswa semester 7 sebanyak 30. Disini 60 data dihitung secara manual menggunakan metode ID3 dan 30 data dihitung di program aplikasi. Hasil akhir dari penelitian ini membuktikan bahwa algoritma ID3 memiliki tingkat akurasi dengan nilairata-rata sebesar 85%.

Kata kunci: Pohon Keputusan, Kegiatan, Kelulusan, ID3.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahman, A. F. A. (2020). Prediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4. 5 (Studi Kasus Di Universitas Peradaban). Indonesian Journal of Informatics and Research, 1(2), 70-77.

Ridwan, M. (2017). Sistem Rekomendasi Proses Kelulusan Mahasiswaberbasis Algoritma Klasifikasi C4. 5. Jurnal Ilmiah Informatika, 2(1), 105-111.

Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19.

Junaidi, J., & Hardi, E. (2005). Kajian Tentang Keterlambatan Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Padang.

ALYA, K. S. L. (2021). Identifikasi Problematika Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Masa Pandemi Dan Solusinya Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Waridhon, B. R., & Fauzan, A. C. (2021). Implementasi Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) untuk Prediksi Keberlangsungan Studi Mahasiswa. Journal Automation Computer Information System (JACIS), 1(2), 64-74.

Safii, M. (2018). Implementasi Data Mining Dengan Metode Pohon Keputusan Algoritma Id3 Untuk Menentukan Status Mahasiswa. Jurnal Mantik Penusa, 2(1).

Muqorobin, M., Kusrini, K., & Luthfi, E. T. (2019). Optimasi Metode Naive Bayes Dengan Feature Selection Information Gain Untuk Prediksi Keterlambatan Pembayaran Spp Sekolah. Jurnal Ilmiah SINUS, 17(1), 1-14.

Yuliyanti, S., Apriyadi, D., & Arsyad, H. (2019). IMPLEMENTASI ALGORITMA ITERATIVE DICHOTOMOCER 3 (ID3) PADA KLASIFIKASI KELULUSAN SISWA. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(1), 40-49.

Sunaryo, B., Rusydi, M. I., Manab, A., Luthfi, A., & Septiana, T. (2016). Sistem Informasi Manajamen Perangkat Elektronik Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 75-82.

Rakasiwi, S., & Wahyuning, S. (2014). Pengembangan Sistem Informasi Penentuan Prestasi Karyawan Telkom DIVRE IV Berbasis DSS Dengan Menggunakan Metode AHP. ELKOM: Jurnal Elektronika dan Komputer, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i1.551

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.