PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CAPTION SISWA KELAS XII MIPA-1 DI SMAN 1 PEUKAN BARO
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Differentiated Instruction sebagai salah satu alternative pendekatan dalam proses pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Caption siswa kelas XII MIPA1 SMA Negeri 1 Peukan Baro yang berjumlah 24 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari hasil tes akhir lembar observasi, dan angket. Berdasarkan analisis data dari hasil tes akhir dan temuan-temuan selama penelitian tindakan ini, dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1, terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar Caption yaitu 54,13%, meningkat 16,63 % dari kondisi awal. Dan setelah siklus II dilakukan, terlihat peningkatan persentase ketuntasan menjadi 79,17%, yaitu meningkat 25,04 % dari Siklus 1. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan Differentiated Instruction efektif dalam meningkatkan hasil belajar Caption siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Peukan Baro
Kata Kunci. Differentiated Instruction, hasil belajar, Caption
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Borja, Laura A., Soto, Sandy T., & Sanchez, Tatiana X. (2015) Differentiating Instruction for EFL Learners. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 5, No. 8(1); August 2015
Differentiated Instruction – A Best Practices Report. (2019) Prepared For Utah Leading Through Effective, Actionable, And Dynamic (ULEAD) Education. Hanover Research
Hamalik, Omear. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hornby, A.S., Cowie, A.P., & Gimson, A.C.(1987) Oxford Advanced Learner’s Dictionary Of Current English. Great Britain: Oxford University Press
Huebner, Tracy, A. (2010). Differentiated Instruction. Educational Leadership: Journal Of The Department Of Supervision And Curriculum Development. N.E.A 67 (5): 79-81
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude Towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1 (11), 73-100.
Mulhamah, & Putrawangsa, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 58-80
Rosmanah, Yke. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris
Materi Caption Menggunakan Media Instagram Siswa Kelas Xii Ipa 4 Sma Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/2021. Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Vol 1. No 1.
Agustus 2021
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v4i1.544
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |