MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PERSEBARAN FAUNA DI SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK TAHUN AJARAN 2019-2020

Henni Mahera Siregar

Abstrak


Salah satu permasalahan dalam pembelajaran adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran Peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar geografi pada materi Persebaran Fauna Indonesia dengan menggunakan media gambar peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 1 Idi. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Idi pada semester ganjil. Subyek pada penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI IS.1, jumlah peserta didik didalam kelas adalah 26 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes tertulis pada akhir siklus I dan II, teknik non tes meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran geografi memiliki peran yang sangat penting, hal ini terkait dengan karakteristik pembelajaran geografi mengenai kondisi di permukaan bumi, peran media menjadi sesuatu yang diperlukan sebagai perantara penyampai pesan yang abstrak ke dunia nyata, 2. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar, peranan guru yang selama ini dominan di dalam kelas dapat dikurangi. Hal ini ditunjukkan dari
hasil penelitian bahwa aktivitas peserta didik yang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan media gambar meningkat dari siklus I (66%) dan pada siklus II (90,4%), 3. Pada saat pembelajaran geografi menggunakan media gambar peserta didik menjadi lebih semangat dalam pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar peserta
didik. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kondisi awal adalah 58,6 menjadi 68 pada siklus I dan 78,13 pada siklus II dengan jumlah peserta didik yang tuntas pada kondisi awal sebanyak 3 (11,5%) orang menjadi 8 (30,76) pada siklus I hasil ini belum mencapai indikator ketercapaian yang ditentukan peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada akhir siklus II menjadi 20 (76,92%). Dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatan hasil belajar geografi pada materi Persebaran Fauna Indonesia pada peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 1 Idi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Davies. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2007. Departemen Pendidikan Nasional. Materi Pelatihan

Terintegrasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta.

DePorter Et.al. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cita.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i3.506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.