ANALISIS ELEMEN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR DAN LANJUTAN UNTUK PEMANDU WISATA PADA KEGIATAN PELATIHAN KECAKAPAN KERJA

Riska Nanda

Abstrak


Pemandu wisata tidak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas namun juga memiliki kemapuan berkomunikasi dengan bahasa asing. Kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui berbagai program pelatihan. Disisi lain, waktu pelaksanaan program pelatihan yang biasanya relatif singkat menjadi sebuah tantangan bagi pelaksana, sehingga perlu untuk mempersiapkan strategi belajar yang efektif. Pada dasarnya proses belajar mengajar baik pada kegiatan formal maupun nonformal membutuhkan sejumlah elemen yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan dan mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menganalisis elemen pengajaran pada bidang bahasa Inggris dasar dan lanjutan untuk pemandu wisata. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat empat elemen pengajaran yang digunakan oleh instruktur, yaitu materi ajar, media pengajaran, metode pengajaran, dan penilaian. Secara umum elemen tersebut sudah relevan dengan kebutuhan peserta didik. Namun dua diantaranya masih perlu disesuaikan.

Kata kunci: Elemen pengajaran, Pemandu Wisata, Pelatihan Kecakapan Kerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, W. R. (1994). Bloom's Taxonomy: A Forty-Year Retrospective, Ninety-third Yearbook of the National Society for the Study of Education. Chicago: IL: Longman.

Brinton, D. M. (2001). The use of media in language teaching. In Celce-Murcia, M. (Ed.), Teaching English as a Second or Foreign. Boston, MA: Heinle and Heinle.

Dahles, H. (2002). The Politics of Tour Guiding- Image Management in Indonesia. Annals ofTourism Research. 29(3), 783-800.

Moore, K. D. (2001). Classroom Teaching Skill. New York: McGraw Hill

Heinich,. R., Molenda, M., & Russel, J. (1993). Instructional Media: and The New Technologies of instruction. Canada: John Willey & Sons, Inc.

Hudson, J. P. (2009). Pathways between Eastern and Western education. Charlotte, NC: Information Age Publishing Inc.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i2.438

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.