KINERJA ROOMBOY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KAMAR DI OASIS ATJEH HOTEL BANDA ACEH

Putri Rahmita, Muhammad Sultan Radiansyah

Abstract


Housekeeping Department merupakan unit kerjayang bertanggung jawab untuk menjagakebersihan, kerapian, keindahan, dan kenyamanan di seluruh area hotel. Roomboy sebagai petugas pelayanan yang menangani perawatan di hotel terutama bagian kamar sangat berperan dalam memastikan kualitas kamar tetap terjaga dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tugas dan tanggung jawab Roomboy dalam kinerjanya meningkatkan kualitas pelayanan kamar di Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Data primer merupakan data dari hasil wawancara kepada responden, sedangkan data sekunder didapatkan dari kajian buku-buku, jurnal dan literatur lainnya yang terkait dengan pelayanan Roomboy.Beberapa permasalahan dalam kinerjaRoomboydi Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh yang ditemui dalam penelitianmeliputi ketersediaan peralatan dan perlengkapan kerja yang masih kurang sesuai dengan standar, fasilitas kamar hotel yang kurang memadai untuk kenyamanan, dan kurang terampilnya Roomboy dalam melaksanakan tugas. Dalam menangani kendala yang dihadapi tersebut maka perlu dilakukan kiat-kiat khusus sebagai solusinya, seperti penambahan perlengkapan dan peralatan kerja yang sesuai dengan standar untuk meningkatkan proses pembersihan kamar menjadi lebih efektif, penataan fasilitas kamar yang lebih baik untuk menciptakan kenyamanan tamu di kamar hotel, dan melakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerjaRoomboyserta memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keterampilan Roomboy dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) yang telah ditentukan di Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh.Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan kamar di Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh maka peningkatan kinerja Roomboy menjadi hal yang perlu ditingkatkan dalam operasional hotelsehingga pelayanan Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh dapat memberikan kenyamanan bagi tamu.

Kata kunci: Roomboy, pelayanan kualitas kamar, Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh.


References


Antonius. 2005. Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Endar, Sri. 2010. Housekeeping Hotel. Jakarta: Penerbit Grasindo.

Rumekso. 2001. Housekeeping Hotel. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Rumekso. 2005. Housekeeping Hotel Floor Section. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Rumekso. 2008. Menyiapkan Kamar Untuk Tamu. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Semiawan, Conny R. 2010.Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang: Penerbit Grasindo.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunalingga, Sukaria. 2011.Metode Penelitian. Medan: Penerbit USU Press.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i2.436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.