SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERSEBARAN TAMBAK IKAN DIKECAMATANKEMBANG TANJONG MENGGUNAKAN QGIS

Fitriyani, Martunis

Abstrak


Tambak di Indonesia terutama di Kecamatan Kembang Tanjong biasanya menghasilkan produk perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Tingginya harga produk perikanan hasil budidaya tambak cukup menarik perhatian masyarakat untuk terjun dalam usaha budidaya tambak. Persebaran tambak di Kecamatan Kembang Tanjong umumnya terdapat di wilayah pesisir, daerah yang berbatasan langsung dengan laut. Jumlah area tambak dari tahun ke tahun pasti mengalami perubahan. Hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor seperti pembukaan lahan tambak, abrasi, tinggi air laut saat pasang, pengalihan fungsi lahan tambak dan faktor lain baik disebabkan oleh alam maupun manusia. Banyak orang-orang yang ingin mencari tata letak tambak di daerah kembang tanjong, dengan tujuan membeli hasil budidaya tambak. Namun belum adanya informasi tentang persebaran tambak, maka sangatlah penting untuk mengetahui persebaran tambak, guna memantau produksi budidaya tambak. Untuk mengetahui persebaran tambak, dengan memanfaatkan aplikasi SIG (Sistem Informasi Geografis). SIG merupakan suatu sistem pengolahan data yang dapat mengolah data-data geografis atau data-data yang memiliki informasi bersifat keruangan atau spasial yang dihubungkan satu sama lain sehingga akan didapatkan informasi baru. Khususnya pada penelitian ini diharapkan masyarakat memperoleh informasi tentang persebaran tambak ikan juga dapat mengetahui lokasi tambak yang ada di Kecamatan Kembang Tanjong dengan peta yang dibangun menggunakan Aplikasi Qgis. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya suatu aplikasi berbasis Web Gis yang mana aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh suatu dinas pada pemerintahan untuk menginput, mengelola dan meyampaikan informasi kepada banyak orang suatu informasi yang berkaitan dengan persebaran tambak ikan di Kecamatan Kembang Tanjong.

Kata kunci  : SIG,Web Gis, Qgis, Tambak, Kecamatan Kembang Tanjong


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatansyah. 2015. Basis Data Edisi Revisi III. Yogyakarta : Informatika

Jogiyanto, H.M 2017.Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis), Andi, Yogyakarta.

Mulyono, Mugi dan Br Ritonga , Lusiana, (2019) KAMUS AKUAKULTUR (Budidaya Perikanan). Jakarta : STP Press.

Yasir M, 2017, Sistem Informasi Geaografis. Yogyakarta : Andi dan Madcoms.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i1.392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.