PENGARUH INFORMASI PASAR DAN KETERSEDIAAN SUKU CADANG TERHADAP PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA PADA DEALER AHAS MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

Cut Yusnidar, Teuku Isnaini

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji pengaruh informasi pasar dan ketersediaan suku cadang terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek honda pada dealer ahas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data terdiri dari data sekunder dan primer. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, dengan alat analisa regresi berganda sedangkan data primer yaitu data yang diperoleh sesuai dengan fakta atau nyata.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan Non Probability Sampling (populasi tidak diketahui), yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode unknown populations. Dari hasil perhitungan tersebut maka diketahui besar sampel yang diperlukan adalah 96 responden.

Hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan menyatakan bahwa berdasarkan hasil uji t (parsial) antara variabel informasi pasar terhadap variabel keputusan pembelian menunjukkan nilai Thitung (0,559) di mana nilainya lebih kecil dari nilai Ttabel (1,661), dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, maka variabel informasi pasar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji T (parsial) antara variabel ketersediaan suku cadang terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai Thitung (6,436) di mana nilainya lebih besar dari nilai Ttabel (1,691) dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih besar dari nilai probabilitas 0,05, maka variabel ketersediaan suku cadang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Akhirnya penulis menyarankan kepada pemilik Dealer Ahas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya Jaya agar dapat dijadikan sebagai bahan informasi dan bahan perbandingan dalam meningkatkan keunggulan swalayan tersebut. Bagi konsumen agar dapat membandingkan kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi sehingga menjadi suatu alat pengambilan keputusan untuk pada Dealer Ahas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

Kata Kunci : Informasi Pasar, Ketersediaan Suku Cadang, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina Shinta, (2011). Manajemen Pemasaran: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Agusty Ferdinand (2012:100), Glosarium Prentice Hall: Manajemen & Pemasaran. Jakata: PT Prenhallindo.

Arikunto, S (2006) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta.

Antari, Kadek Ria Mariska, Ketut Dunia, Dkk. (2014). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Mini Market Sastra Mas Tabanan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol:4 No:1 Universitas Pendidikan Ganesha.

David Garvin, (2016). Pemasaran strategis. Edisi ll. Erlangga. Jakarta.

Harsanto, Budi. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi, Nandung: Unpad Press.

Imam Ghozali (2013). Aplikasi analisis Multivariate dengan SPSS, Edisi Keempat, Penerbit UNDIP.

(2013). Aplikasi analisis Multivariante dengan program SPSS, Edisi keempat, penerbit Universitas Diponogoro.

(2009). Strategi dan tahapan mengajar (bekal keterampilan dasar bagi guru). Bandung: CV Yrama Widya.

Kotler, dan Keller, (2012), Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

(2012), Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2. jakarta: erlangga.

(2012:8), Manajemen Pemasaran, Edisi 11, Jilid 2, Jakarta: Terjemahan PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15 th Edition New jersey: Pearson Pretice Hall, inc.

Kotler dan Amstrong, (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Armstrong (2012:52), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v3i1.384

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.