JENIS-JENIS TUMBUHAN YANG BERKHASIAT OBAT TRADISIONAL DI KECAMATAN MUTIARA BARAT KABUPATEN PIDIE

Miftahulia, Zufahmi, Ervina Dewi

Abstrak


Penelitian ini  yang berjudul “ Jenis-jenis Tumbuhan yang Berkhasiat Obat Tradisional Di Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie “ ini mengangkat masalah adakah jenis-jenis tumbuhan  yang berkhasiat obat tradisional di Kecamatan Mutiara Barat kabupaten Pidie. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui jenis-jenis tumbuhan sebagai obat tradisional yang digunakan oleh masyarakat Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie. Penentuan sampel untuk penelitian ini hanya diambil satu kemukiman  yaitu sebanyak 6 desa. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan jenis kualitatif. Teknik analisis data menggunakan  teknik kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada 26 spesies yang terdiri dari 19 famili tumbuhan obat yang digunakan sebagai obat tradisional yang dijumpai di Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie. Berdasarkan  hasil penelitian diketahui bahwa tumbuhan yang paling  banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah dari famili Zingeberaceae.  Sedangkan jenis tumbuhan yang sedikit ditemukan adalah dari famili Liliaceae.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamzari. 2008. Identifikasi Tumbuhan Obat-Obatan yang Dimanfaatkan Oleh Masyarakat Sekitar Hutan Tabo-Tabo. Jurnal Hutan dan masyarakat. vol.3 No.1:111-234.

Lestaridewi, N. K, Jamhari, M. Isnainar. 2017.Kajian Pemanfaatan Tanaman Sebagai Obat Tradisional Di Desa Tolai Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. E – jip BIOL. Vol. 5. No. 2 : 1 – 19.

Novitasiah, R. H, Yuniati, dan Ramadhanil. 2012. Studi Etnobotani Komparatif Tumbuhan Rempah Yang Bernilai Sebagai Obat Di Desa Tombi Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Jurnal Biocelebes. Vol. 6 No. 2 : 66 – 77.

Nurrani, L. Pemanfaatan Tradisional Tumbuhan Alam Berkhasiat Obat Oleh Masyarakat Di Sekitar Cagar Alam Tangale. Info BPK Manado. Vol. 3 No. 1: 1-22.

Sambara, J,Yuliani, N. N, dan Emerensiana, M. Y. 2016. Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional Oleh Masyarakat Kelurahan merdeka Kecamatan Kupang Timur 2016.Jurnal Info Kesehatan.Vol. 14. No 1 Juni 2016: 1113-1125.

Selpiana. Ulfa, A. Maryam, M. 2015. Pemanfaatan Sari Buah Cermai (Phyllanthus acidus) Sebagai Alternatif Koagulan Lateks. Jurnal Teknik Kimia. Vol. 1. No. 21 :1-8.

Sulaksana, C dan Dadang Iskandar Jayusman.2005.Biji Keling Mencengah dan Mengembur Batu Ginjal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Syukur, C. 2005. Pembibitan Tanaman Obat. Jakarta: Penebar Swadaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.