UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN ALAT UKUR OTOMOTIF MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS X-TKRO SMK NEGERI 1 NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hamdanis Sukhri

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kreatif siswa dalam pembelajaran alat ukur otomotif  melalui model pembelajaran Contextual teaching Learning pada siswa kelas X-TKRO di SMK Negeri 1 Nagan raya tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat (guru produktif). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-TKRO SMK Negeri 1 Nagan Raya tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar observasi, dokumentasi dan lembaran tes. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis kualitatif dengan model interaktif. Model analisis interaktif mempunyai 3 komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil analisis data, selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,6 dan persentase ketuntasan 80% sedangkan pada siklus II rata-rata karakter kreatif siswa adalah 80,8 dan persentase ketuntasan adalah 96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan karakter kreatif setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning pada siswa kelas X-TKRO di SMK Negeri 1 Nagan raya.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i4.284

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.