UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN TATA NAMA SENYAWA KARBON MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS XI-TSM SMKN 1 NAGAN RAYA

Rahmadani S. Pd

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tata nama senyawa karbon yang diajarkan melalui model pembelajaran problem based instruction di kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data adalah peserta didik kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 peserta didik. Kriteria untuk masing-masing tindakan terdiri dari kriteria proses dan kriteria hasil. Kriteria proses tercapai jika skor hasil observasi tindakan peserta didik ? 80% dan kriteria hasil tercapai jika 85% peserta didik mendapat skor ? 80 pada tes akhir tindakan. Dari hasil pengolahan, hasil belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan masing-masing sebesar 52,18% dan 17,39% dengan persentase ketuntasan dari 21,73% pada tes awal, 73,91% pada siklus I, dan menjadi 91,30% pada siklus II. Keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model problem based instruction mengalami peningkatan. Keaktifan guru meningkat sebesar 16% dari 77,33% menjadi 93,33%, sementara keaktifan peserta didik terjadi peningkatan sebesar 13,34% dari 73,33% menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan penerapan pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan tatanama senyawa karbon  di Kelas XI-TSM SMKN 1 Nagan Raya, serta juga dapat meningkatkan keaktifan guru dan peserta didik dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Hasil belajar, Peserta didik, Model Pembelajaran Problem Based Instruction


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i4.281

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.