PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Hery Saputra, Mirunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis pengaruh penerapan strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Masalah yang diteliti adalah apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Decision terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Glumpang Tiga, sedangkan yang menjadi sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa secara purposive sampling. Perolehan data dilakukan dalam bentuk tes dan diolah dengan menggunakan uji-t yaitu Independent Sample T-Test pada taraf signifikan ? = 0,05. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Three Stage Fishbowl Desicion dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i3.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.