PENGARUH TINGKAT DEKOMPOSISI JENIS BIOAKTIVATOR DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS KOMPOS KULIT UBI KAYU

Karnilawati, Cut Mulia Sari

Abstrak


Kulit ubi kayu merupakan salah satu limbah yang belum banyak dimanfaatkan. Limbah ubi kayu dapat dikomposkan lebih cepat dengan menggunakan bioaktivator. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat dekomposisi jenis bioaktivator dan lama fermentasi terhadap kualitas kompos. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur mulai Juli sampai Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola factorial. Faktor jenis bioaktivator terdari dari 3 taraf yaitu EM4, MA-11
dan Orgadec, sedangkan factor lama fermentasi terdiri dari 2 taraf yaitu 25 hari dan 55 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis bioaktivator berpengaruh sangat nyata terhadap C-organik, berpengaruh nyata terhadap N-total, namun berpengaruh tidak nyata terhadap rasio C/N. Lama fermentasi berpengaruh tidak nyata terhadap C-organik, N-total dan rasio C/N berpengaruh tidak nyata. Terdapat interaksi nyata kombinasi bioaktivator dan lama fermentasi terhadap nilai N-total kompos kulit ubi kayu. Perlakuan terbaik dijumpai pada B1L1(EM4 dan 25 hari fermentasi).


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i3.248

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.