UJI EFEKTIVITAS PUPUK HIJAU KIRINYU DAN KOSENTRASI PUPUK HUMAGOLD TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.)

Cut Mulia Sari, Karnilawati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pupuk hijau kirinyu dan pupuk humagold terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah, yang dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur Glee Gapui Kabupaten Pidie, pada bulan Agustus sampai November 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial terdiri dari 3 taraf dengan 3 ulangan. Faktor Pupuk Hijau kirinyu (P) yaitu: P1 (10 ton ha-1), P2 (20 ton ha-1), P3 (30 ton ha-1). Faktor kosentrasi pupuk Humagold terdiri dari H1 (3
liter ha-1), H2 (6 liter ha-1), H3 (9 liter ha-1). Parameter yang dimati tinggi tanaman 15, 30 dan 45 HST, persentase polong bernas, persentase polong hampa dan berat polong. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pupuk hijau kirinyu berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 15, 30 dan 45 HST, persentase polong bernas, persentase polong hampa dan bobot polong per plot. Perlakuan terbaik dijumpai pada perlakuan pupuk hijau krinyu P3 (30 ton ha-1). Pupuk humagold berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman kacang tanah umur 15, 30 dan 45 HST, persentase polong bernas, persentase polong hampa dan bobot polong per plot. Perlakuan terbaik dijumpai pada perlakuan H3 (9 liter ha-1). Hasil penelitian ini tidak adanya interaksi yang nyata antara pupuk hijau krinyu dan pupuk Humagold.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.