PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. NUSANTARA SURYA SAKTI DEALER HONDA GRONGGRONG KABUPATEN PIDIE.

Husaini Abdullah, Makmur

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Nusantara Sakti Grong-Grong Kabupaten Pidie. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang karyawan, sehingga sampel yang diambil yaitu secara total atau Total Sampling. Adapun peralatan Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 22 dengan metode Regresi Linier Berganda, analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolonearitas dan hetersokesdatistas, analisis regresi berganda, analisis koefesien determinasi (R²)., serta uji hipotesis melalui uji f dan uji t, Berdasarkan hasil perhitungan regresi pada bagian output regresi dapat Diperoleh Persamaan: Y = 2,902 + 0,486 + 0,370. Dari hasil uji hipotesis secara simultan atau uji F, maka dapat diketahui bahwa kompensasi dan motivasi memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT.Nusantara Sakti Grong-Grong Kabupaten Pidie. Berdasarkan hipotesis pertama yang diajukan oleh peneliti menunjukkan bahwa variabel Kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis regresi bahwa variabel Kompensasi mempunyai nilai t-hitung 4,193 lebih besar dari t-tabel 1.676 dan diperoleh nilai
signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan hipotesis kedua yang diajukan oleh peneliti menunjukkan bahwa variabel Motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis regresi bahwa variabel Motivasi mempunyai nilai t-hitung 3,444 lebih kecil dari t-tabel 1.676 dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Dari kedua variabel yang diuji dalam penelitian ini, diketahui bahwa kompensasi memiliki pengaruh signifikan yang peling besar terhadap kepuasan kerja kerja karyawan pada PT.Nusantara Sakti Grong-Grong Kabupaten Pidie.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.