ACHIEVEMENT MOTIVATION ORANG TUA SISWA DI SEKOLAH SUKMA BANGSA PIDIE

Muhammad Ali, Muhammad Iqbal

Abstrak


Achievement motivation orang tua dalam menyekolahkan anak sangat penting untuk mencapai prestasi yang tinggi sehingga banyak di antara orang tua memilih sekolah favorit sebagai tempat belajar untuk mendapatkan prestasi yang tinggi setelah ia belajar sekolah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana achievement motivation orang tua menyekolahkan anak di sekolah Sukma Bangsa, dan bagaimana  achievement  motivation siswa sekolah di Sukma Bangsa. Tujuan penelitian untuk mengetahui achievement motivation orang tua dan siswa dalam memilih sekolah Sukma Bangsa sebagai tempat membangun prestasi.

Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, tempat penelitian di SMA S Sukma Bangsa Pidie, sumber data penulis peroleh dari hasil wawancara dengan 10 orang tua siswa, 10 orang guru dan 10 orang siswa SMA S Sukma Bangsa Pidie, hasil wawancara tersebut penulis mendeskripsikan bagaimana achievement motivation orang tua dan siswa secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dan  orang tua dan siswa .  

Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa achievement motivation orang tua dalam menyekolahkan anaknya di sekolah Sukma Bangsa karena sekolah tersebut termasuk sekolah yang favorit di Kabupaten Pidie, tingkat kedisplinan tinggi, bebas dari asap rokok, lulusan sekolah banyak mendapat prestasi tinggi, lingkungan sekolah nyaman dan penilaian sangat objektif. Sedangkan achievement motivation siswa sekolah di Sukma Bangsa karena keinginan sendiri siswa, dukungan orang tua, keluarga, teman, dan achievement oleh alumni yang telah sukses, guru akrab dengan siswa, fasilitas sarana dan prsarana lengkap, dan sistem pembelajaran yang berbeda dengan sekolah lain yang ada di Pidie.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.