PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MILA

Heri Fajri Ulviana

Abstrak


Penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran problem solving dengan metode inkuiri terhadap hasil belajar sejarah sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mila 2). untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran problem solving dengan metode inkuiri terhadap minat belajar sejarah sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mila. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode eksperimen,  dengan tujuan untuk mengambarkan situasi atau gejala yang sedang berlangsung dengan tidak membandingkan masa lalu. Langkah kerjanya adalah mengumpulkan data, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan data sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Model Pembelajaran problem solving dengan metode inkuiri memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mila pada mata pelajaran Sejarah, rata-rata nilai postes hasil belajar untuk kelas eksperimen adalah 72,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 53% sedangkan rata-rata untuk kelas kontrol 66,1 dengan ketuntasan klasikal 45%. dan 2) Model Pembelajaran problem solving dengan metode inkuiri memberikan pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mila pada pelajaran Sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mila pada kelas eksperimen sebesar 79,8 dengan katagori sangat tinggi. Sedangkan rata-rata minat siswa pada kelas kontrol sebesar 74,4 dengan katagori tinggi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.