PENGARUH FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA CAFÉ DI KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS DI CAFÉ BLACK STAR SIGLI KABUPATEN PIDIE)

Cut Yusnidar, Teuku Isnaini

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui “Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Gaya Hidup terhadap Minat Beli Konsumen pada usaha café di Kabupaten Pidie. (Studi kasus di café Black Star Sigli Kabupaten Pidie)”. Dimana variabel independen yaitu Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Gaya Hidup serta Minat Beli Konsumen sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli di café Black Star Sigli Kabupate Pidie. Sampel yang diambil sebanyak 97 orang responden dengan menggunakan teknik Unknown Populations. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda  Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefesien Determinasi (R2). Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji hipotesis melalui uji F dan Uji t, serta analisi Koefisien Diterminasi (R2). Hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi Y=  0.206 X1 + 0.194 X2 + 0.296 X3.Bedasrkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari keempat variabel yang diteliti, ternyata variabel Gaya Hidup (X3) mempunyai pengaruh yang paling dominan sebesar 0.296 atau 29.6% Minat Beli Konsumen pada usaha café Black Star Sigli Kabupaten Pidie. Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Fasilitas (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Gaya Hidup (X3), terhadap Minat Beli Konsumen pada usaha café Black Star Sigli Kabupaten Pidie dangan indeks korelasi sebesar 0.658 atau 65.8 %, ini berarti hubungan tersebut kuat. Kemudian indeks diterminasi masing-masing variabel Fasilitas (X1), Kualitas Pelayanan (X2) dan Gaya Hidup (X4) sebesar 0.433 atau 43,3 %, ini berarti ketiga variabel berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli Konsumen pada usaha café Black Star Sigli Kabupaten Pidie dan sebesar 56,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.