PENGARUH KEMUDAHAN TRANSAKSI, KEPERCAYAAN PELANGGAN, DAN KEAMANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA E-WALLET DANA PADA GEN-Z DI SOLO RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh dari kemudahan transaksi, kepercayaan pelanggan, dan keamanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna e-wallet DANA. Dalam penelitian ini penulis menentukan populasinya ialah masyarakat Soloraya yang tergolong generasi Z atau Gen-Z dengan domisili wilayah Soloraya seperti Kota Surakarta, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dengan kriteria responden yaitu berusia 17-26 tahun, pengguna E-Wallet DANA di Soloraya, dan bertransaksi minimal dua kali dalam waktu enam bulan terakhir. Responden terkumpul sebanyak 108 yang merupakan pengguna E-Wallet DANA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dimana alat uji analisis yang digunakan yaitu uji instrument data atau kualitas data dengan pengujian validitas dan reabilitas; uji asumsi klasik dengan pengujian data normalitas, multikolineritas, dan heteroskedastisitas; uji hipotesis dengan uji regresi linear berganda, Uji Parameter individual atau parsial (t), dan Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan pengolahan data dengan SPSS versi 25.0, dengan hasil yang menunjukkan variabel kemudahan transaksi, kepercayaan pelanggan dan keamanan secara individu atau parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amany, I. A. D., TR, S. M., Handrijaningsih, L., & Anisah. (2022). Implementasi Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Shopeepay Di Kota Tangerang Selatan. 16(November), 38–54.
Apa Itu E-Wallet? Mengenal Definisi, Konsep, Kelebihan, dan Cara Penggunaannya. (2023). Www.Ayoconnect.Com. https://www.ayoconnect.com/blog/apa-itu-e-wallet-dan-penggunaannya
CNBC Indonesia TV, C. I. (2021). 3 Pilar DANA Indonesia Kembangkan Platform Dompet Digital. Www.Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210617135525-39-253904/3-pilar-dana-indonesia-kembangkan-platform-dompet-digital#:~:text=3 Pilar DANA Indonesia Kembangkan Platform Dompet Digital,-CNBC Indonesia TV&text=Selain itu juga dijelaskan bagaimana,yaitu Trus
Damar, A. M. (2021). Survei: DANA Jadi Dompet Digital dengan Pertumbuhan Jumlah Pengguna Paling Pesat. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4709582/survei-dana-jadi-dompet-digital-dengan-pertumbuhan-jumlah-pengguna-paling-pesat
Dirnaeni, D., Handrijaningsih, L., Mariani T.R, S., & Anisah, A. (2021). Persepsi Kemudahan, Customer Relationship Management Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Wallet Melalui. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 13(20), 287–303. https://doi.org/10.31937/manajemen.v13i2.2203
Erick. (2020). DANA Optimistis Pasar Dompet Digital Kian Menjanjikan. Www.Dana.Id. https://www.dana.id/blog/dana-optimistis-pasar-dompet-digital-kian-menjanjikan
Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.
Hamdani, T. (2022). Ini 10 E-wallet Paling Sering Digunakan Masyarakat di 2022. Www.Idntimes.Com. https://www.idntimes.com/business/economy/trio-hamdani/ini-10-e-wallet-paling-sering-digunakan-masyarakat-di
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v6i1.2132
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.