PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL (PROJECT BASIC LEARNING) DI KELAS X SMAN 1 SAKTI PADA MATERI TEKS EKSPOSISI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Anidar Anidar

Abstrak


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X materi Teks eksposisi melalui model pembelajaran PjBL (Project Basic Learning) pada SMAN 1 Sakti.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 1 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi sebelum menggunakan model PjBL dan setelah menggunakan model PjBL. Hasil dari penerapan model pembelajaran PjBL pada pembelajaran Bahsa Indonesia dapat dilihat dari tabel pertama sebelum diterapkan pendekatan ini masih 25% yang meningkatkan kemampuannnya dalam pembelajaran dalam pembelajaran. Akan tetapi setelah diterapkan pendekatan ini didapati hasil lebih 50% siswa sudah aktif pembelajaran sehingga pembelajaran meningkat.

Kata Kunci: Project Basic Learning, Teks Eksposisi, Motivasi belajar

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


As'ari, A. H. (2022). Project Basic Learning Dalam Pendidikan Basic Learning . Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora.

Blangu, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek denganMenggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa. Journal of Education Action Research.

Ermi wahyunia, D. h. (2022). Pembealjaran berbasis teknologi . Jurnal Pendidikn dan Konseling.

Febrita. (2020). Penerapan PjBL dalam Pembelajaran . Jurnal Pendidikan Tambusai.

Ika Agustiningsih, E. T. (2022). Model Pembelajaran berbasis project dalam materi teks eksposisi. Internationl Seminar Languge, Educatio, and Culture.

Lasmin. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Muniarti, E. (2020). Penerpan Model PjBL dalam pembeljaran . Jouyrnal UIN Malang.

White, V. O. (2021). Nuevos sistemas de comunicación e información How to Study Being The Letter of ST Thomas Aquinas to Brother Jhon.

Widyastiwi, A. M. (2019). Model Pembelajaran berbasis project dalam bentuk teks eksposisi di SMAN 1 Ngunter. Jurnal Ilmu Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.2000

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.