PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN IT PADA MATA KULIAH ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN CURIOSITY MAHASISWA

Irdalisa, Muhammad Saiful, Paidi, Djukri

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Curiosity mahasiswa pada matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia melalui pengembangan model Inkuiri Terbimbing berbantuan IT. Research and Development (R & D) merupakan desain penelitian, dengan menggunakan model Borg & Gall (1983) yang terdiri dari sepuluh langkah dalam Research and Development (R & D), yaitu (1) Melakukan pengumpulan informasi; (2) Melakukan  perancangan (merumuskan tujuan penelitian, memperkirakan waktu yang diperlukan, prosedur kerja penelitian); (3) Mengembangkan bentuk produk awal (perancangan draf awal produk); (4) Melakukan ujicoba lapangan permulaan; (5) Melakukan revisi terhadap produk utama; (6) Melakukan ujicoba lapangan utama; (7) Melakukan revisi terhadap uji lapangan utama; (8) Melakukan uji lapangan operasional; (9) Melakukan revisi terhadap produk akhir; (10) Mendesiminasikan dan mengimplementasikan produk. Penelitian tentang KPS hasil analisis Keterampilan Proses Sains mahasiswa menunjukkan adanya peningkatan selama penerapan model Inkuiri terbimbing berbantuan ICT dalam proses pembelajaran. Peningkatan terjadi pada setiap aspek keterampilan proses sains yang meliputi mengamati atau observasi, mengelompokkan atau klasifikasi, meramalkan atau prediksi, inferensi, berhipotesis, interpretasi data, merencanakan percobaan, dan berkomunikasi.

Keyword: Inkuiri Terbimbing, Curiosity, dan Anatomi Fisiologi Manusia


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i1.195

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.