Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Peukan Pidie Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
PTK dengan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023, yang bertujuan upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa Penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi matriks dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika bagi siswa kelas XI MIPA 1 Semester 1 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2022/2023. Pada akhir pembelajaran terdapat perubahan positif pada peserta didik mengenai pemahaman materi matriks. Dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw ternyata mampu meningkatkan hasil belajar mataematika materi matriks. Peningkatan nilai rata- rata yaitu 52,6 pada kondisi awal menjadi 66,5 pada siklus I dan menjadi 71,3 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 13,9% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 4,8% dari siklus I.nilai rata-rata meningkat secara keseluruhan sebesar 18,7. Sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, yaitu 40,9% pada pra siklus menjadi 27,3% pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 68,2%. Secara keseluruhan.
Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran jigsaw, dan matriks.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.
Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana
Anita, Lie. 2004. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. Grasindo Widiasarana Indonesia.
-------, 2008. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. Grasindo Widiasarana Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Arsyad, Ashar. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Herman Hudojo. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta. Rineka Cipta.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Istarani. 2012. 58 Model pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada.
-------,. 2012. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.
Marthein Kanginan. 2013. Matematika SMA Kelas XII. Jakarta. Erlangga.
Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif. Jakarta. Pustaka Prestasi Publisher.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang
Noornia. 1997. Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga
Nurasman. 2006.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.
Poerwadarminta. 1996. Kamus Umum Indonesia, Cet XVI, Jakarta: Balai Pustaka.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Bina Aksara.
Rusman. 2008. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.
Sardiman.2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Citra Perkasa Sejati Offset.
Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada media.
Slavin, Robert E. 2003. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Soedjana. 1998. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sumadi Suryabrata. 1989. Media Pendidikan, Jakarta:Rajawali Press
Suprijono. 2013. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Jakarta. Pustaka Pelajar.
Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Tabrani A, dkk. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Karya.
Trianto. 2007. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta. Kencana Perdana Media Group.
Wijaya, Cece dan A. Tabrani Rusyan. 1992. Kemampuan dasar Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.1853
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.