Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Peukan Pidie Tahun Pelajaran 2022/2023

Rachmawati Rachmawati

Abstract


PTK dengan Judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023yang bertujuan upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023. Sedangkan yang menjadi rumusan masalah  dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023?. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Dari hasil penelitian, dapat dilihat bahwa Penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi matriks dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika bagi siswa kelas XI MIPA 1 Semester 1 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2022/2023. Pada akhir pembelajaran terdapat perubahan positif pada peserta didik mengenai pemahaman materi matriks. Dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw ternyata mampu meningkatkan hasil belajar mataematika materi matriks. Peningkatan  nilai rata- rata  yaitu 52,6 pada kondisi awal menjadi 66,5 pada siklus I dan menjadi 71,3 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 13,9% dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 4,8% dari siklus I.nilai rata-rata meningkat secara keseluruhan sebesar 18,7. Sedangkan  ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, yaitu 40,9% pada pra siklus menjadi 27,3% pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 68,2%. Secara keseluruhan.

 

Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran jigsaw, dan matriks.

References


Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib abdul Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana

Anita, Lie. 2004. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. Grasindo Widiasarana Indonesia.

-------, 2008. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta. Grasindo Widiasarana Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Arsyad, Ashar. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Herman Hudojo. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta. Rineka Cipta.

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Istarani. 2012. 58 Model pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada.

-------,. 2012. Ensiklopoedi Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.

Marthein Kanginan. 2013. Matematika SMA Kelas XII. Jakarta. Erlangga.

Mulyasa. 2014. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif. Jakarta. Pustaka Prestasi Publisher.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit Universitas Negeri Malang

Noornia. 1997. Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga

Nurasman. 2006.

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.

Poerwadarminta. 1996. Kamus Umum Indonesia, Cet XVI, Jakarta: Balai Pustaka.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Bina Aksara.

Rusman. 2008. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo.

Sardiman.2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Citra Perkasa Sejati Offset.

Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenada media.

Slavin, Robert E. 2003. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Soedjana. 1998. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sumadi Suryabrata. 1989. Media Pendidikan, Jakarta:Rajawali Press

Suprijono. 2013. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Jakarta. Pustaka Pelajar.

Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Tabrani A, dkk. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Karya.

Trianto. 2007. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta. Kencana Perdana Media Group.

Wijaya, Cece dan A. Tabrani Rusyan. 1992. Kemampuan dasar Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.