Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Membuat Teks Tertulis Sederhana Untuk Memberikan Ucapan Selamat dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023

Fauziah Fauziah

Abstract


Ptk dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi membuat teks tertulis sederhana untuk memberikan ucapan selamat dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2022/2023”. yang bertujuan untuk mengetahui Upaya dalam meningkatkan hasil belajar bahasa inggris materi membuat teks tertulis sederhana untuk memberikan ucapan selamat dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Sigli tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Sigli Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik tes dan non tes. Setelah data terkumpul penulis mengolah dan menganalisis data dengan cara membandingkan hasil observasi dan tes pada siklus I dan siklus II. Penggunaan media gambar pada materi membuat teks tertulis sederhana untuk memberikan ucapan selamat dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris  khususnya materi membuat teks tertulis sederhana untuk memberikan ucapan selamat bagi siswa kelas X IPS Semester 1 SMA Negeri 2 Sigli  Tahun Pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan  nilai rata- rata  yaitu 46,5 pada kondisi awal menjadi 66,3 pada siklus I dan menjadi 74,3 pada siklus II. Nilai rata-rata siklus I meningkat 19,8 %dari kondisi awal, nilai rata-rata siklus II meningkat 8% dari siklus I. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada peningkatan sebesar 35% dari kondisi awal, siklus II meningkat 30%dari siklus II. Peningkatan nilai rata-rata kelas secara keseluruhan  sebesar 27,8% . sedangkan ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 65 dari tahap awal,

Kata Kunci: Hasil belajar, Media Gambar dan membuat teks tertulis sederhana untuk memberikan ucapan selamat.


References


Arikunto, Suharsini, 1991. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta

BNSP, 2007. Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar . Jakarta. Depdiknas

BNSP , 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajardi SMA . Jakarta. Depdiknas.

Dahar, RW. 1998. Teori – teori Belajar. Jakarta. Depdikbud

Dimyati dan Mudjiono, 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud.

Hadari, Nawawi. 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press

Hidayat Komarudin,2002.Active Learning. Yogyakarta. Yappendi

.2014. Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK kelas X. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Nasution S : Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta PT. Bumi Aksara

Oemar Hamalik 2003: Proses Belajar Mengajar . Jakarta PT Bumi Aksara

Oemar Hamalik.1995. Metode Mengajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.