Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Penyakit Dalam Wanita RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i Beureunuen Kabupaten Pidie 2020

ISMUNTANIA, KARTIKA

Abstrak


Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan keperawatan. 3 indikator layanan keperawatan yang teliti adalah aspek komunikasi, tanggung jawab dan kerjasam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i Beureunuen Kabupaten Pidie. Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat di ruang penyakit dalam wanita yang berjumlah 70 orang dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Analisa data bivariat dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95% (?=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien dengan p-value 0,000. Ada hubungan komunikasi dengan tingkat kepuasan pasien diperoleh p-value=0,000, ada hubungan yang bermakna antara tanggung jawab dengan tingkat kepuasan pasien dengan p-value=0,000 dan ada hubungan yang bermakna antara kerjasama dengan tingkat kepuasan pasien dengan p-value=0,000 < 0,05. Disarankan kepada pihak manajerial Rumah Sakit Umum Daerah Tgk. Abdullah Syafi’i Beureunuen Kabupaten Pidie untuk lebih meningkatkan lagi layanan keperawatan serta melakukan survey kepuasan pasien secara berkala dan berkesinambungan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.