ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KOGNITIF PADA BUKU BAHASA INGGRIS KELAS XI

Zaiturrahmi, Fauziah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana pertanyaan-pertanyaan didalam buku Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI menekankan pada HOTS atau LOTS. Analisis isi dilakukan dengan teliti pada 8 bab dan 1 enrichment (pengayaan) dari buku tersebut untuk menjawab pertanyaan penelitian. Setiap pertanyaan dalam bentuk pertanyaan 5w1H, pertanyaan ya/tidak , pilihan ganda, pertanyaan dalam bentuk pernyataan, dan pertanyaan benar/salah diambil sebagai unit analisa. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dikumpulkan, didaftar, dan dianalisis menurut ranah kognitif dari taksonomi Anderson. Peneliti kemudian menghitung persentase dan frekuensi pertanyaan pada setiap tingkat kognitif yang muncul di setiap bab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 206 pertanyaan yang terdiri dari C1 (9 pertanyaan), C2 (40
pertanyaan), C3 (33 pertanyaan), C4 (72 pertanyaan), C5 (21 pertanyaan), dan C6 (31 pertanyaan) yang tersebar pada 171 halaman. Selain itu, dimensi kognitif yang paling dominan berfokus pada tingkat menganalisis (72 pertanyaan) dimana mengidentifikasikan bahwa Buku Bahasa Inggris menekankan pada berpikir kognitif tingkat tinggi (HOT) sehingga buku tersebut sangat layak digunakan dalam proses
belajar mengajar karena sesuai dengan pola pikir kurikulum 2013 yaitu menitikberatkan pada berpikir tingkat tinggi (HOT).


Kata Kunci: Analisis, Tingkat Berpikir, kognitif, Buku Bahasa Inggris


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i1.179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.