Pengaruh Penggunaan Teknik Membaca Super Gaya Accelerated Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe

Nuraiza, Hayatun Rahmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh penggunaan teknik membaca super gaya accelerated learning terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan teknik membaca accelerated learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan membaca pemahaman dan observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe  dengan sampel penelitian siswa kelas XI sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data postes dan gain ternormalisasi kemampuan membaca pemahaman antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan uji perbedaan rerata dua populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan teknik membaca super gaya accelerated learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil observasi siswa yang mendapat pembelajaran dengan teknik membaca super gaya accelerated learning lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.