TINGKAT KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PEMASANGAN INFUS (Adherence In Implementing The Operational Standard Of IV Line Installation Procedure)

NEILA FAUZIA, RISNA

Abstrak


Pemasangan infus adalah salah satu cara atau bagian dari pengobatan untuk memasukkan obat atau vitamin ke dalam tubuh pasien. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengkaji tentang Tingkat Kepatuhan Perawat Dalam Melaksanakan Standar Operasional Prosedur Pemasangan Infus; Studi Kasus Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit X Kabupaten Pidie. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan Case Study Research. Informan dari penelitian ini sebanyak 4 orang, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu panduan wawancara dan panduan observasi. Pengumpulan data penelitian dilakukan mulai 15-16 Mei 2019. Hasil penelitian didapatkankan bahwa sikap perawat sudah mulai ramah terhadap pasien, sebelum memasang infus perawat terlebih dahulu mempersiapkan alat, dan perawat sudah melakukan tindakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Hasil observasi peneliti didapatkan perawat melakukan tindakan tidak semuanya sesuai SOP, sebagian perawat tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi perawat khususnya tentang Tingkat Kepatuhan Perawat Dalam Melaksanakan Standar Operasional Prosedur.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i2.175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.