PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA1 MATERI TRIGONOMETRI PADA SMAN 1 SAKTI

Muhammad Ridha

Abstrak


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil  belajar siswa kelas XI Mipa1 materi trigonometri pelajaran matematika melalui metode jigsaw pada SMAN 1 Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Mipa1 tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 33 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif  komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Hasil dari penerapan metode Jigsaw pada pembelajaran matematika dapat dilihat dari siklus I siswa dapat meraih kompetensi khususnya dalam penguasaan konsep yang lebih baik sehingga penguasaan konsep rata-rata kelas XI Mipa1 dari  62,42 naik menjadi 76,67. Setelah dilakukan siklus II, ternyata terjadi peningkatan Pada siklus II penerapan metode Jigsaw sudah berkembang, kegairahan belajar  Matematika meningkat, dan penguasaan konsep Trigonometri rata-rata kelasnya untuk kelas XI Mipa1  naik menjadi 76, 67 dan siklus 2  naik menjadi 86,82. Dengan demikian dapat  disimpulkan dengan menggunakan Jigsaw dapat meningkatkan kompetensi belajar Matematika khususnya dalam penguasaan konsep materi Trigonometri untuk siswa kelas XI Mipa1 SMAN 1 Sakti

Kata Kunci:  Pembelajaran Kooperatif, Metode Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aronson. 2000. Histori of the Jigsaw. www.Jigsaw.org. Diperoleh pada tanggal 3 September 2005.

Depdiknas. 2000. Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk SD dan MI. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Purwaningsih E. 2004. Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Peta Konsep terhadap Prestasi Belajara Fisika dalam Materi Interferensi Cahaya pada Lapisan Tipis ditinjau dari Minat dan Intelegensi Siswa. Surakarta: Program Studi Pendidikan Sains. Program Pascasarjana UNS.

Soemanto. W. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soeparman. A. 1993. Disain Intruksional, Jakarta : PAU – UT.

Sudjana. N. 2002. Dasa-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i2.1682

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.