PENGARUH KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI, PENGHARGAAN DAN KEBUTUHAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT. PEGADAIAN (Persero) CABANG SIGLI

Herizal, Muhammad Nur

Abstrak


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kebutuhan Aktualisasi Diri, Penghargaan dan Kebutuhan Sosial Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli” dimana terdapat tiga variabel variabel independennya yaitu Variabel Aktualisasi Diri (X1), Variabel Penghargaan (X2), dan Variabel Kebutuhan Sosial (X3) serta Prestasi Kerja (Y) sebagai variabel dependennya.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli yang berjumlah 32 orang dan peneliti mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan hasil kuesioner yang diisi oleh karyawan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis berganda. Analisis ini termasuk Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Pengujian Asumsi Klasik, Pengujian Hipotesis melalui Uji F dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi berganda: Y = 0,526 + 0,277 X1 + 0,366 X2 + 0,318 X3.

Hubungan antara variabel dependen dan independen yaitu masing-masing variabel Aktualisasi Diri (X1), Variabel Penghargaan (X2), dan Variabel Kebutuhan Sosial (X3) terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli dengan indeks korelasi sebesar 0,984 atau 98,4 % Ini berarti hubungan tersebut sangat kuat.

Indeks determinasi masing-masing variabel Aktualisasi Diri (X1), Variabel Penghargaan (X2), dan Variabel Kebutuhan Sosial (X3) sebesar 0,969 %, ini berarti ketiga variabel tersebut berpengaruh secara signifikan Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Sigli, dan sebesar 3,1 % yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i1.164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.