PENGARUH RISIKO INVESTASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERCATAT DI BURSAEFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017

Nazariah, Ida Mutia

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko sistematis, risiko bisnis, risiko finansial terhadap return saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Testil dan Garmen yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat melalui laporan keuangan tahunan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Tekstil dan Garmen yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Jumlah sampel yang diambil 9 sampel. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.      

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risiko sistematis tidak berpengaruh terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -0,356 dan nilai signifikansi sebesar 0,728. Risiko bisnis berpengaruh positif dan signifikansi  terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,600 dan nilai signifikansi sebesar 0,023. Risiko finansial berpengaruh positif dan signifikansi terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,715 dan nilai signifikansi 0,019. Risiko sistematis, risiko bisnis, risiko finansial secara simultan berpengaruh terhadap return saham perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai f hitung 7,288 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,557 menunjukkan bahwa risiko sistematis, risiko bisnis, risiko finansial mampu  menjelaskan return saham sebesar 55,7% sedangkan 44,3% dijelaskan oleh variabel lain.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v2i1.155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.