SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM TGK. CHIK DI TIRO KABUPATEN PIDIE MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY BERBASIS WEB

Qory Alfaraini, Laila Qadriah, Cut Lilis Setiawati

Abstract


Untuk meningkatkan pelayanan yang prima maka perlu adanya suatu sarana untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien dalam hal ini adalah pasien yang berkunjung ke RSU Tgk. Chik di Tiro Kabupaten Pidie. Kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh persepsi kualitas jasa pelayanan, kualitas fasilitas dan faktor-faktor yang bersifat pribadi serta yang bersifat situasi sesaat. Faktor yang menentukan kepuasan pengunjung adalah persepsi pengunjung mengenai kualitas jasa yang berfokus pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu : berwujud (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), empati (empathy). Dengan adanya sistem pengambilan keputusan mengenai penilaian kepuasan dengan metode servqual dapat membantu mengefisienkan proses analisa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Tgk. Chik di Tiro. Dalam sistem pendukung keputusan kepuasan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Tgk. Chik di Tiro dibuat menggunakan Bahasa pemograman PHP dan database MySQL.

Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Tgk. Chik di Tiro, Service Quality.

 


References


Baskoro, R., Arvianto, A., & Rinawati, D. (n.d.). jurnal Penilaian

Kepuasan Pasien dengan Menggunakan Metode Servqual

guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan di RSUD Ungaran.

hal 8.

Fatta,. 2017. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

Fathoni. (n.d.). jurnal Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi

Menggunakan Metode Servqual. hal 1-5

Enterprise, J. 2014. MySQL untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Herlambang,. 2015, Sistem informasi : Konsep, Teknologi dan Manajemen, Graha Ilmu, Yokyakarta:

Kosasi & Kusrini,. 2018, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Universitas AMIKOM, Yogyakarta

Limbong, A., Siahaan, M. A, 2020. Study of Information Technology (IT) graduate performance based on gender, study program and batches, Proceedings of 1st International Scholars Conference,

AIU Bangkok,

Li Q dan Y L Chen., 2019, Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems,

Lulu, Hari 2019. Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kelurahan Pada Kelurahan Pasar Baru Kota Tangerang, Tangerang

Perangin-Angin, dkk. 2013. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan di Klinik Bogor Tahun

Pohan, 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan; Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta

Prehanto, 2020. Konsep Sistem Informasi, Penerbit Scopindo Media Pustaka, Surabaya

Santiary, 2018. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Rumah Sakit Sembawa, Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika, Palembang

Santika, 2019. Sistem Rekomendasi Dalam Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Topsis, Program Studi Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia, Jawa Timur

Santoso, S dan Tjiptono F, 2001. Riset Pemasaran. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Sinaga., 2019. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Olimpiade Matematika SMA

Swasta Teladan Pematangsiantar Dengan Metode Electre. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).

Supranto,. 2020. Pengukuran Kualitas Layanan Dengan Metode Servqual Di CV. Karya Media.

Sidoarjo

Suryana., 2018, Membuat Web Pribadi dan Bisnis dengan HTML, Gava Media, Jogyakarta

Turban, 2016, Decision support system and intelligent system (sistem pendukung keputusan dan sistem cerdas) jilid 1, Andi , Yogyakarta

Tjiptono, F.2012. Service Manajement layanan prima.

Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.1542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.