SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM TGK. CHIK DI TIRO KABUPATEN PIDIE MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY BERBASIS WEB
Abstract
Untuk meningkatkan pelayanan yang prima maka perlu adanya suatu sarana untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien dalam hal ini adalah pasien yang berkunjung ke RSU Tgk. Chik di Tiro Kabupaten Pidie. Kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh persepsi kualitas jasa pelayanan, kualitas fasilitas dan faktor-faktor yang bersifat pribadi serta yang bersifat situasi sesaat. Faktor yang menentukan kepuasan pengunjung adalah persepsi pengunjung mengenai kualitas jasa yang berfokus pada lima dimensi kualitas jasa, yaitu : berwujud (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), empati (empathy). Dengan adanya sistem pengambilan keputusan mengenai penilaian kepuasan dengan metode servqual dapat membantu mengefisienkan proses analisa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Tgk. Chik di Tiro. Dalam sistem pendukung keputusan kepuasan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Tgk. Chik di Tiro dibuat menggunakan Bahasa pemograman PHP dan database MySQL.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Tgk. Chik di Tiro, Service Quality.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Baskoro, R., Arvianto, A., & Rinawati, D. (n.d.). jurnal Penilaian
Kepuasan Pasien dengan Menggunakan Metode Servqual
guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan di RSUD Ungaran.
hal 8.
Fatta,. 2017. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.
Fathoni. (n.d.). jurnal Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi
Menggunakan Metode Servqual. hal 1-5
Enterprise, J. 2014. MySQL untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Herlambang,. 2015, Sistem informasi : Konsep, Teknologi dan Manajemen, Graha Ilmu, Yokyakarta:
Kosasi & Kusrini,. 2018, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Universitas AMIKOM, Yogyakarta
Limbong, A., Siahaan, M. A, 2020. Study of Information Technology (IT) graduate performance based on gender, study program and batches, Proceedings of 1st International Scholars Conference,
AIU Bangkok,
Li Q dan Y L Chen., 2019, Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems,
Lulu, Hari 2019. Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kelurahan Pada Kelurahan Pasar Baru Kota Tangerang, Tangerang
Perangin-Angin, dkk. 2013. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan di Klinik Bogor Tahun
Pohan, 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan; Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta
Prehanto, 2020. Konsep Sistem Informasi, Penerbit Scopindo Media Pustaka, Surabaya
Santiary, 2018. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Rumah Sakit Sembawa, Student Colloquium Sistem Informasi & Teknik Informatika, Palembang
Santika, 2019. Sistem Rekomendasi Dalam Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Topsis, Program Studi Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia, Jawa Timur
Santoso, S dan Tjiptono F, 2001. Riset Pemasaran. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Sinaga., 2019. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Olimpiade Matematika SMA
Swasta Teladan Pematangsiantar Dengan Metode Electre. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).
Supranto,. 2020. Pengukuran Kualitas Layanan Dengan Metode Servqual Di CV. Karya Media.
Sidoarjo
Suryana., 2018, Membuat Web Pribadi dan Bisnis dengan HTML, Gava Media, Jogyakarta
Turban, 2016, Decision support system and intelligent system (sistem pendukung keputusan dan sistem cerdas) jilid 1, Andi , Yogyakarta
Tjiptono, F.2012. Service Manajement layanan prima.
Yogyakarta: Andi Offset
DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.1542
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.