SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO JASA HAI UJONG RIMBA MENGGUNAKAN METODE MOORA

Mirna Ananda Putri, Laila Qadriah, Junaidi Salat, Zulfa Razi

Abstrak


Supplier atau pemasok adalah perusahaan atau individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa tertentu untuk meningkatkan kualitas sebuah perusahaan, untuk meningkatkan kualitas sebuah perusahaan upaya yang dilakukan adalah memilih supplier. Perancagan yang dilakakukan dalam pemilihan supplier bahan bangunan di Toko Jasa Hai Ujong Rimba masih menggunakan cara yang umum, berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dibuat perancangan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan Metode Moora untuk menentukan supplier dengan proses analisa sistem menggunakan bahasa pemograman PHP serta penyimpanan data dengan MySQL, sistem ini diperlukan dengan kriteria-kriteria harga, kualitas produk, pelayanan, ketepatan pengiriman, ketepatan jumlah yang telah ditentukan oleh pengguna menggunakan Metode Moora. Sistem ini memudahkan dalam proses perhitungan dalam menentukan mana supplier yang cocok melalui peragkingan, sehingga perusahaan dapat memilih supplier lebih mudah.    

 

Kata Kunci : Supplier, Metode Moora



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armstrong, (2019). Entity Relationship Diagram. Penerbit Bumi Putera. Bandung.

Brauers, (2019). Multi Objective Optimizaton o The Basic of Ratia (Moora). PT. Remaja Rosdakarya.

Diskson, (2017). Kriteria Pemilihan Supplier. Penerbit Graha Ilmu, Bandung.

Endang Wahyuningsih, (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Skripsi Iikom FMIPA UGM. 2005.

Isti Rokhayah, (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemiliahan Supplier Bahan Bangunan Menngunakan Metode Electre. Programa Studi Sisem Informasi Sekolah Tinggi Manajeman Informatika Dan Komputer Gici Batam. Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kustyahnngsih, (2017). Basisdata MYSQL. Halaman 136 Yogyakarta : penerbit Andi Jogjakatra.

Manurung, Samuel, (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora. Jurnal Simetris. Vol.9 No.1. 2252-4983.

Wahana Komputer, (2020). Basisdata MYSQL. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i2.1190

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.