ANALISA POLA BELANJA PADA SWALAYAN SUMAN MART MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH

Rizki Munanzar, Laila Qadriah, Maryanti Maryanti

Abstrak


Persaingan pada usaha supermarket mendorong terjadinya persaingan dalam merebut mangsa pasar. Mencari dan mempertahankan konsumen berarti melakukan berbagai pendekatan kepada konsumen untuk mengenal dan memahami berbagai perilaku, kebutuhan, dan keinginan konsumen. Pendekatan tersebut seperti mengetahui tentang pola belanja konsumen. Dengan mengetahui pola belanja konsumen dapat dimanfaatkan untuk menyusun tata letak barang pada toko sehingga memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan pembelian dan dapat meningkatkan kemungkinan munculnya keinginan membeli barang lainnya. FP-Growth adalah salah satu algoritma untuk menemukan frequent itemset dengan mencari hubungan antar data pada sekumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi website menggunakan algoritma FP-Growth untuk menghasilkan rules keterkaitan antar barang yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan lokasi barang yang dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data transaksi penjualan pada Supermarket Suman Mart Kabupaten Pidie. Hasil dari aplikasi yang didapat yaitu berupa kombinasi dari barang yang sering dibeli oleh konsumen. Hasil penelitian dapat menghasilakn aplikasi yang dapat memberikan hasil peletakan barang yang sering dibelanjakan oleh konsumen dengan tingkatan lift ratio yang direkomendasikan.

Kata Kunci : FP-Growth, frequent itemset, lift ratio, data mining, supermarket.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Setiawan and I. G. Anugrah, “Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Indomaret GKB Gresik dengan Metode FP-Growth,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf.2019; vol. 2, no. 2, p.115.

B. S. Pranata and D. P. Utomo, “Penerapan Data Mining Algoritma FP-Growth Untuk Persediaan Sparepart Pada Bengkel Motor (Study Kasus Bengkel Sinar Service),” Bull. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 83–91, 2020.

D. Rusdiaman and A. Setiyono, “Algoritma fp-growth dalam penempatan lokasi barang di gudang pt. xyz,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., 2018.

D. Wirdasari, “Penerapan Data Mining Untuk Mengolah Data Penempatan Buku Di Perpustakaan Smk Ti Pab 7 Lubuk Pakam Dengan Metode Association Rule,” J. Saintikom.2011;vol. 10, no. 2, pp. 138–150.

E. Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan )” .2013;pp. 71–83.

Erwin, 2009. Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori dan FP-Growth

Fayyad, Usama. 1996. Advances in Knowledge Discovery and Data Mining. MIT Press.

Herbert A. Edelstein (October 8, 1999) Introduction to Data Mining and Knowledge Discovery Third Edition

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, DATA MINING concepts and techniques. 2006. N. R. Ardani and N. Fitrina, “Sistem Rekomendasi Pemesanan Sparepart Dengan Algoritma Fp-Growth,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016; pp. 1–6.

Kusrini dan Luthfi, E.T, 2009, Algoritma Data Mining¸ Andi Offset, Yogyakarta

Muhammad Khadafi, 2018 melakukan penelitian tentang “Penerapan algoritma FP-Growth untuk menemukan pola peminjaman buku perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

M. Arifin, “Implementasi Data Mining Pada Prediksi Pemesanan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Kimia Farma),” J. Pelita Inform., vol. 8, no. 3, pp. 353–356, 2020.

M. Fauzy, K. R. Saleh W, and I. Asror, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 2, no. 3, 2016, doi: 10.33197/jitter.vol2.iss3.2016.111.

K. M. R. A. Utama, R. Umar, and A. Yudhana, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Pola Pembelian Transaksi Penjualan Pada Toko Kgs Rizky Motor,” Dinamik, vol. 25, no. 1, pp. 20–28, 2020, doi: 10.35315/dinamik.v25i1.7870.

Ririanti. 2014. Implementasi Algoritma FP-GROWTH Pada Aplikasi Prediksi Persediaan Sepeda Motor (Studi kasus PT. PILAR DELI LABUMAS)

S. Suhada, D. Ratag, G. Gunawan, D. Wintana, and T. Hidayatulloh, “Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen Pada Ahass Cibadak,” Swabumi, vol. 8, no. 2, pp. 118–126, 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i2.8077.

R. Nofitri and N. Irawati, “Integrasi Metode Neive Bayes Dan Software Rapidminer Dalam Analisis Hasil Usaha Perusahaan Dagang,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi).2019; vol. 6, no. 1, pp. 35–42

Yohanes Adi PB, tahun 2019 melakukan penelitian tentang “Analisis keranjang belanja menggunakan metode FP-Growth pada took grosir pancaran Bahagia




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.