REKOMENDASI KAMERA TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS ANDROID

Cut Baizura, Husaini Husaini, Maryanti Maryanti

Abstrak


Dalam membeli kamera mirrorless pembeli biasanya akan kesulitan dalam membandingkan kualitas kamera terbaik berdasarkan info yang di dapatkan dari brosur yang tidak ada nilai pembandingnya sehingga tidak memungkinkan pembeli untuk mendapatkan keputusan yang terbaik pemilihan kamera. Dalam hal pengembangan keilmuan sistem komputer maka dapat di adopsi sebuah sistem untuk memberikan keputusan yang tepat dengan menggunakan proses terkomputerisasi. Maka dalam hal ini digunakanlah sistem pakar melalui perancangan aplikasi berbasis android serta menggunakan metode TOPSIS untuk proses pengambilan keputusan. Metode TOPSIS adalah metode multi kriteria yang digunakan untuk mengidentifikasi solusi dari himpunan alternatif berdasarkan minimalisasi simultan dari jarak titik ideal dan memaksimalkan jarak dari titik terendah, untuk itu metode ini sangat cocok untuk penentuan rekomendasi kamera terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan observasi mendatangi langsung ke tempat penjualan kamera mirolles serta mencari bahan-bahan pendukung lainnya di internet. Sistem ini dibuat berbasis android dapat memberikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dalam memilih jenis kamera mirrorless terbaik berdasarkan hasil dari matrik perbandingan alternatif dan kriteria. Sistem dapat menganlisa cara kerja metode TOPSIS untuk mendapatkan sebuah keputusan rekomendasi kamera mirrorless terbaik berbasis android. Dalam membeli kamera mirrorless pembeli biasanya akan kesulitan dalam membandingkan kualitas kamera terbaik berdasarkan info yang di dapatkan dari brosur yang tidak ada nilai pembandingnya sehingga tidak memungkinkan pembeli untuk mendapatkan keputusan yang terbaik pemilihan kamera. Dalam hal pengembangan keilmuan sistem komputer maka dapat di adopsi sebuah sistem untuk memberikan keputusan yang tepat dengan menggunakan proses terkomputerisasi. Maka dalam hal ini digunakanlah sistem pakar melalui perancangan aplikasi berbasis android serta menggunakan metode TOPSIS untuk proses pengambilan keputusan. Metode TOPSIS adalah metode multi kriteria yang digunakan untuk mengidentifikasi solusi dari himpunan alternatif berdasarkan minimalisasi simultan dari jarak titik ideal dan memaksimalkan jarak dari titik terendah, untuk itu metode ini sangat cocok untuk penentuan rekomendasi kamera terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan observasi mendatangi langsung ke tempat penjualan kamera mirolles serta mencari bahan-bahan pendukung lainnya di internet. Sistem ini dibuat berbasis android dapat memberikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dalam memilih jenis kamera mirrorless terbaik berdasarkan hasil dari matrik perbandingan alternatif dan kriteria. Sistem dapat menganlisa cara kerja metode TOPSIS untuk mendapatkan sebuah keputusan rekomendasi kamera mirrorless terbaik berbasis android.

Kata kunci: Aplikasi, Rekomendasi, Kamera Terbaik, Topsis, Android


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfonsius Lorensius. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kamera DSLR dengan Metode Promethee. Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Malang.

Anisa epriliandani. 2022. Kamera dan jenis kamera (photographic camera). http://fotografi.upi.edu/home/alat-alat-fotografiphotography-as-a-tools/1-kamera diakses pada 16 mei 2022).

Bortolomius Harpad. 2020. Penerapan Metode AHP Dan Metode Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asisten Laboratorium Komputer Pada STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda. Program Studi Sistem Informasi STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda.

Hermawan. 2016. Mudah Membuat Aplikasi Android .Yogyakarta : Andi Offset.

Indarti. 2018. “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Smartphone Android Dengan Kamera Selfie Terbaik, Program Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Sukabumi VOL. 4 NO 2.

Julianti, 2017. Pemilihan Guru Berprestasi Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pandidikan Dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Kenneth. 2015. Systems Analysis and Design. Pearson Education Asia pte. Ltd. & PT.Prenhallindo, Jakarta.

Nazarudin Safaat. 2014. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Stanislaus Yhanna Pradita. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kamera DSLR Menggunakan Metode Simple Multi attribute Rating Technique (SMART). Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sutojo. 2014. Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Penerbit Andi,

Turban, E. 2016. Decision Support Systems and Intelligent Systems. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1, Andi, Yogyakarta.

Wahid Azhari Fauzi. 2015. Perancangan Aplikasi Pemilihan Sekolah Menggunakan Metode Promethee. Fakultas Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Wardana. 2017. Disaat Fotografi Jurnalistik Bukan Sekedar Pemberitaan. Magenta Official Journal STMK Trisakti.

sumber online dari http://fotografi.upi.edu/home/alat-alat-fotografi-photography-as-a-tools/1-kamera diakses pada 16 mei 2022.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1157

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.