Perancangan WebGIS Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal di Wilayah Kabupaten Pidie Berbasis Android

Lailatul Ilmi, Laila Qadriah, Dedy Iskandar

Abstrak


Adanya pembuangan sampah-sampah yang bukan pada tempatnya telah menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan. Kondisi tersebut perlu mendapatkan penanganan yang serius oleh pemerintah daerah. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pidie yang khusus terkait hal ini ternyata belum mempunyai suatu sistem pemetaan tentang lokasi-lokasi yang menjadi tempat pembuangan sampah illegal yang dilakukan oleh masyarakat di kawasan lingkungan masyarakat, sehingga hal ini mempersulit Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pidie dalam mencegah pembuangan sampah yang bukan pada tempatnya. Oleh Karena itu, sudah selayaknya pihak Dinas menyediakan suatu sistem yang dapat memberikan informasi mengenai lokasi-lokasi tempat pembuang sampah ilegal, serta memberikan solusi dengan menyediakan informasi lokasi tempat pembuang sampah legal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun suatu WebGIS lokasi pembuangan sampah ilegal di Kabupaten Pidie berbasis android. Pada penelitian ini aplikasi dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman berbasis Android, sedangkan untuk pemetaan menggunakan Google Map API. Aplikasi ini menghasilkan informasi-informasi berupa informasi peta penyebaran lokasi pembuangan sampah keseluruhan di Kabupaten Pidie, informasi peta lokasi pembuangan sampah ilegal, dan informasi peta lokasi pembuangan sampah legal.

Kata Kunci : Sistem, Informasi, Geografis, Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal, Android, Google Map Api


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andy, Mizwar. 2016. Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Pemetaan Sebaran Tempat Pembuangan Sampah Ilegal Di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Universitas Lambung Mangkurat.

Arie, Nugraha, Disna. 2017. Sistem Informasi Geografis (GIS) Pemetaan Lokasi Rumah Sakit Di Jakarta Selatan Menggunakan Quantum GIS 0.9.1 dan Mapserver. Jurnal Universitas Gunadarma.

Kadir, Abdul. 2018. Pemograman Android & Database. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Kertawidana, Dewa, Ketut, I. 2019. Buku Sistem Informasi Geografis. Universitas Pertahanan Indonesia..

Prabowo, Iwan, Ady. 2021. Buku Ajar Pemograman Mobile Berbasis Android. Universitas Dian Nuswantoro: Semarang.

Prahasta Eddy,. 2018. System Thinking dan Pemodelan Sistem Dinamasi. Informatika: Bandung.

Reksoatmojo, Wahyuni. 2018. Analisis dan Perancangan Basis Data. Andi: Yogyakarta.

Siswo, Sumantri, Hadi. 2019. Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System) Kerentanan Bencana. CV. Makmur Cahaya Ilmu: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.