IMPLEMENTASI ALGORITMA TABU SEARCH PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENCARIAN RUTE TERDEKAT TEMPAT WISATA DI PIDIE BERBASIS WEB

Desi Ramadhani, Husaini Husaini, Zikrul Khalid, Junaidi Salat

Abstrak


 

Kabupaten Pidie memiliki situs wisata seperti wisata alam, wisata budaya dan sejarah, wisata kuliner, wisata bahari, wisata buatan dan lain sebagainya. Kabupaten Pidie adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh. Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di Sigli, kabupaten ini merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar kedua di provinsi Aceh setelah kabupaten Aceh Utara. Letak geografis pun sangat luas yaitu membentang antara selat malaka hingga ke pegunungan aceh besar yang memiliki kekayaan alam wisata yang indah. Dikarenakan wilayah yang sangat luas Informasi wisata sangat berguna untuk mengetahui situs- situs wisata yang bermanfaat bagi pendidikan, pengembanan bisnis maupun untuk penelitian dalam pengembangan kajian ilmiah bagi yang memerlukan khususnya di kabupaten Pidie bagi wisatawan. fitur yang paling penting dalam web gis informasi wisata adalah bagaimana memudahkan wisata untuk melakukan tracking rute terdekat sehingga dapat membantu wisatawan menempuh jarak yang optimal. dengan mengimplementasikan algoritma Tabu Search. Tabu Search sendiri merupakan salah satu algoritma metaheuristik yang bergantung pada pencarian solusi tetangga dan memori lokal. Tabu Search berusaha mencari solusi tetangga yg lebih baik dari solusi saat ini. Selain itu, memori lokal digunakan untuk mencatat langkah- langkah pencarian yg pernah ditemui.

Kata Kunci : GIS, Tabu Search, Kabupaten Pidie, web, Wisata, Rute


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akanbi & Agunbiade, 2013. Integration of a city GIS data with Google Map API and Google Earth API for a web based 3D Geospatial Application.

Arifianto A, 2015. Pengembangan Sistem Informasi Pemetaan Penghasil Tanaman Pangan Menggunakan Metode Extreme Programming.

Chow, 2008. The potential of Maps APIs for internet GIS applications. Transactions in GIS.

https://doi.org/10.1111/j.1467- 9671.2008.01094.x.

Dr. H.A. Rusdiana, M., & Moch. Irfan,

S. M. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Erna Kharistiani, dkk, 2013, Sistem Informasi Geografis Pemetaan




DOI: https://doi.org/10.47647/jrr.v5i1.1154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Indexed by: 

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

  
Tools:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.